EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAM SISWA KELAS VII MTs. DARUL ULUM NGANJUK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Berties, Nellin (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAM SISWA KELAS VII MTs. DARUL ULUM NGANJUK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 membawa misi penting bagi terselenggaranya pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah siswa tidak hanya pandai dalam hal pengetahuan saja, tetapi juga memiliki kepribadian yang baik yang selaras dengan kepribadian Islam. Setelah kurikulum 2013 diterapkan di MTs. Darul Ulum Nganjuk, penelitian ini difokuskan pada mengetahui efektivitas pembelajaran fikih dalam membentuk kepribadian Islam siswa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, dirumuskan tiga rumusan masalah antara lain: bagaimana pelaksanaan pembelajaran fikih kelas VII MTs. Darul Ulum Nganjuk? Bagaimana kepribadian siswa kelas VII MTs. Darul Ulum Nganjuk setelah memperoleh pembelajaran fikih berbasis kurikulum 2013? Bagaimana efektivitas pembelajaran fikih berbasis kurikulum 2013 dalam membentuk kepribadian Islam siswa kelas VII MTs. Darul Ulum Nganjuk?.
Guna menjawab rumusan masalah diatas, maka dalam penelitian ini digunakan metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan persentase. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen observasi guru dan siswa, instrumen observasi sikap, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, penilaian kognitif d an ketrampilan. Selanjutnya, data yang telah diperoleh dianalis dengan analisis deskriptif dan persentase.
Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa, efektivitas pembelajaran fikih berbasis kurikulum 2013 dalam membentuk kepribadian Islam siswa kelas VII MTs. Darul Ulum Nganjuk tergolong tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Damanhuri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Berties, NellinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Pembelajaran; Fikih; Kurikulum 2013; Kepribadian Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:00
Last Modified: 12 Nov 2015 01:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2657

Actions (login required)

View Item View Item