Sejarah dan perkembangan Yayasan Darul Islam Gresik: di bidang pendidikan, sosial, keagamaan (1978-2017 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad Hanafi, Imam (2018) Sejarah dan perkembangan Yayasan Darul Islam Gresik: di bidang pendidikan, sosial, keagamaan (1978-2017 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Imam Ahmad Hanafi_A02213036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini berkaitan dengan (1) Bagaimana sejarah berdirinya Yayasan Darul Islam Gresik?. (2) Bagaimana perkembangan Yayasan Darul Islam Gresik?. (3) Bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambat perkembangan Yayasan Darul Islam Gresik?.
Untuk menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan pendekatan historis. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori Continuity and Change (kesinambungan dan perubahan) karya Jhon Obert Voll. Sehingga dapat terlihat jelas perubahan-perubahan yang dialami oleh Yayasan Darul Islam Gresik secara berkesinambungan, baik perubahan fisik maupun non fisik. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, (1) Berdirinya Yayasan Darul Islam Gresik berawal dari organisasi pemuda yang bernama Syubbanul Muslimin (1932 M), yang kemudian berubah status menjadi Yayasan Perguruan Darul Islam (1978 M), kemudian berubah nama menjadi Yayasan Darul Islam Gresik (2014), bertempat di Gedung Wakfiyah Darul Islam Jln. KH. Kholil No. 35 Kebungson Gresik. (2) Perkembangan Yayasan Darul Islam Gresik yang meliputi perkembangan di bidang pendidikan (MI, SD, SMP, SMA), perkembangan di bidang sosial (PAYM dan BANSOS), perkembangan di bidang keagamaan (PHBI dan PHBN). (3) Beberapa faktor pendukung perkembangan yang mencakup dukungan dari berbagai pihak serta keharmonisan komunikasi antar elemen. Dan beberapa faktor penghambat perkembangan yang mencakup menjamurnya lembaga pendidikan di Gresik sehingga memicu semakin ketatnya persaingan di dunia pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad Hanafi, Imamhanafiachmad9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Masyarakat
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah; Perkembangan Yayasan Darul Islam Gresik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hanafi Imam Ahmad
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:16
Last Modified: 08 Aug 2018 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26606

Actions (login required)

View Item View Item