Perbandingan keanekaragaman dan kelimpahan plankton pada ekosistem terumbu karang alami dengan terumbu buatan di perairan Pasir Putih Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'arif, Muhammad Chusnan (2018) Perbandingan keanekaragaman dan kelimpahan plankton pada ekosistem terumbu karang alami dengan terumbu buatan di perairan Pasir Putih Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Chusnan Ma'arif_H94214022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adanya ekosistem terumbu buatan dimungkinkan mampu meningkatkan kesuburan suatu perairan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan tingkat keanekaragaman dan kelimpahan plankton , serta hubungan antara faktor fisika-kimia perairan dengan nilai kelimpahan plankton di wilayah ekosistem terumbu buatan dengan ekosistem terumbu karang alami di perairan Pasir Putih, Situbondo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2018 di Perairan Pasir Putih, Situbondo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan analisis data menggunakan korelasi spearman. Hasil identifikasi fitoplankton di perairan Pasir Putih, Situbondo di peroleh 4 kelas yaitu, Bacillariphyceae, Cyanophyceae, Chlorophyceae, dan Dinophyceae, pada ekosistem terumbu karang alami dengan komposisi 11 Family, dan terumbu buatan dengan komposisi 9 family. Hasil identifikasi golongan zooplankton pada ekosistem terumbu karang alami dan terumbu buatan ditemukan 3 kelas yaitu, Crustaceae, Bivalvia dan Gastropoda. Hasil kelimpahan fitoplankton pada ekosistem terumbu karang alami dan terumbu buatan berturut-turut yaitu 2.895 sel/l dan 3.870 sel/l. Komposisi fitoplankton yang ditemukan selama penelitian di dominasi dari Kelas Bacillariophyceae. Genus Chaetoceros sp dan Acartia sp ditemukan pada semua stasiun pengamatan. Nilai indeks keanekaragaman (H’) fitoplankton pada ekosistem terumbu karang alami yaitu 2,32 (kategori sedang). Nilai indeks Keanekaragaman (H’) zooplankton pada ekosistem terumbu karang alami sebesar 1,30 (kategori rendah). Nilai indeks keanekaragaman (H’) fitoplankton pada ekosistem terumbu buatan sebesar 2,17 (katergori rendah). Nilai indeks Keanekaragaman (H’) zooplankton pada ekosistem terumbu buatan sebesar 1,24 (kategori rendah). Berdasarkan Indeks Korelasi Spearman terlihat bahwa kelimpahan plankton di perairan Batu Lawang, Pasir Putih Situbondo memiliki hubungan dengan parameter fisika-kimia perairan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'arif, Muhammad Chusnanchusnanc@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekologi
Keywords: Plankton; Terumbu Buatan; Terumbu Karang; Situbondo
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Ma'arif Muhammad Chusnan
Date Deposited: 08 Aug 2018 02:33
Last Modified: 08 Aug 2018 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26607

Actions (login required)

View Item View Item