Peranan H. Ma'sum Badroen pada agresi militer belanda II 1948-1949 di Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanto, M. Andik (2018) Peranan H. Ma'sum Badroen pada agresi militer belanda II 1948-1949 di Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Andik Susanto_A72214041.pdf

Download (15MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Peranan H. Ma’sum Badroen pada Agresi Militer Belanda II 1948-1949 di Tuban. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meleputi: 1) Bagaimana kronologi pendaratan Belanda pada Agresi Militer Belanda II 1948-1949 di Tuban? 2) Bagaimana berdirinya Laskar Hizbullah di Tuban? 3) Bagaimana strategi H. Ma’sum Badroen dalam penyergapan post tentara Belanda di Kepet-Tuban?.Penulisan skripsi ini disusun menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Sosiologis historis dan menggunakan teori peranan. Teori peranan menurut Prof. Dr. Soerjono Soekanto adalah sudut pandang dalam sosiologi dan psikologi sosial yang menganggap sebagian besar aktivitas harian diperankan oleh kategori-kategori yang ditetapkan secara sosial.Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) kronologi pendaratan tentara Belanda dimulai pada tanggal 18 Desember 1948 di pantai Glondong-Tuban, tanggal 19 Desember 1948 terdapat pemindahan pemerintahan di Tuban, tanggal 7 Januari 1949 dimulailah perjuangan rakyat Tuban melawan Belanda. 2) berdirinya Laskar Hizbullah di Tuban diawali setelah pemuda-pemuda Tuban mengikuti latihan kemiliteran di Ciburasa-Bogor, lalu membentuk batalyon-batalyon di daerah Tuban. 3) H. Ma’sum Badroen lahir pada tanggal 10 Maret 1923 di Kepet-Tuban, strategi H. Ma’sum Badroen dalam penyergapan post Belanda di Kepet-Tuban adalah berpura-pura menjadi perangkat desa dan melakukan penyamaran menjadi kuli bangunan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanto, M. Andikandikboneng13@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Militer
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Peranan H. Ma'sum Badroen : agresi militer belanda II
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Susanto M. Andik
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:23
Last Modified: 08 Aug 2018 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26609

Actions (login required)

View Item View Item