Pengaruh pertumbuhan ekonomi, inflasi, suku bunga terhadap ketahanan di Bank Mandiri Syariah melalui uji NPF dan ROA periode krisis global tahun 2008-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, M Shaiful (2018) Pengaruh pertumbuhan ekonomi, inflasi, suku bunga terhadap ketahanan di Bank Mandiri Syariah melalui uji NPF dan ROA periode krisis global tahun 2008-2016. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Shaiful Umam_F12416273.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pertumbuhan ekonomi, inflasi, suku bunga terhadap daya tahan Bank Syariah Mandiri yang diukur dari ROA (Return On Assets) dan NPF (Non Performing Financing).Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pertumbuhan Ekonomi, dan Tingkat Inflasi dan Tingkat suku bunga.Sedangkanvariabel terikat adalahReturn on Asset (ROA) dan Risiko Pembiayaan (Non Performing Financing). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah PT. Bank Syariah Mandiri. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel Tingkat Pertumbuhan Ekonomi (IPI) memiliki pengaruh negatif terhadap Return On Asset (ROA)padaBank Syariah Mandiri periode 2008-2016; (2) Tingkat Inflasi (IHK) memiliki pengaruh negatif terhadap Return On Asset (ROA)padaBank Syariah Mandiri periode 2008-2016; (3) Tingkat Suku Bunga (SBI)tidak memiliki pengaruh signifikannegatif terhadap Return On Asset (ROA)padaBank Syariah Mandiri periode 2008-2016; (4) Tingkat Pertumbuhan Ekonomi (IPI) memiliki pengaruh negatif terhadap Non Performing Financing (NPF)padaBank Syariah Mandiri periode 2008-2016; (5) Tingkat Inflasi (IHK) memiliki pengaruh negatif terhadap Non Performing Financing (NPF)padaBank Syariah Mandiri periode 2008-2016; dan (6) Tingkat Suku Bunga (SBI)tidak memiliki pengaruh signifikannegatif terhadap Non Performing Financing (NPF)padaBank Syariah Mandiri periode 2008-2016. Bank Syariah Mandiri diharapkan dapat terus menganalisis kinerja keuangan pada rasio ROA dengan memperhatikan pergerakan kondisi makroekonomi pada saat membuat pertimbangan dan perencanaan dalam pengambilan keputusan dimasa yang akan datang untuk menghadapi guncangan kondisi makroekonomi di Indonesia maupun Internasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, M Shaifulshaiful.umam31@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan
Keywords: Krisis Global; Ketahanan Perbankan; Inflasi; Suku Bunga; ROA; NPF
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Umam M. Shaiful
Date Deposited: 20 Sep 2018 01:48
Last Modified: 20 Sep 2018 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26610

Actions (login required)

View Item View Item