Analisis pemasaran syariah terhadap Rima Rajut Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmiyah, Lailatul (2018) Analisis pemasaran syariah terhadap Rima Rajut Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailtul Hikmiyah_C74213116.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rima Rajut Surabaya merupakan salah satu usaha di bidang industri kreatif, tepatnya masuk dalam kategori subsektor fashion yakni kerajinan rajut. Proses pembuatan kerajinan rajut pada Rima Rajut merupakan handmade atau kerajinan tangan. Memiliki sistem pemasaran via online dan offline. Dan untuk memenuhi semua pesananan, Rima Rajut menggunakan sistem mitra kerja yang tersebar di beberapa kota. Di tempat tersebut juga menerima les untuk keterampilan merajut dengan tanpa dipungut biaya. Hal ini melatarbelakangi dilakukannya penelitian mengenai “Analisis Pemasaran Syariah terhadap Rima Rajut Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan praktik pemasaran produk Rima Rajut Surabaya, serta menjelaskan pemasaran produk Rima Rajut Surabaya dalam perspektif pemasaran syariah. Untuk mengetahui hal tersebut, maka dilakukan pendekatan kualitatif, terdapat 2 (dua) sumber data yaitu sumber data primer yang diperoleh dari wawancara dan observasi secara langsung dengan pemilik dan pengelola yang menangani masalah pemasaran. Data sekunder yang diperoleh dari website atau media sosial Rima Rajut, buku-buku, karya ilmiah, artikel, yang berkaitan mengenai pemasaran syariah produk.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, secara garis besar Rima Rajut Surabaya telah melakukan praktik pemasaran syariah. Namun terdapat sedikit kekurangan pada Rima Rajut Surabaya dalam memuaskan konsumen. Terbukti dari beberapa ulasan yang kurang memuaskan dari beberapa pembeli Rima Rajut Surabaya pada pusat perbelanjaan daring Shopee dan Tokopedia.Saran yang dapat diberikan yaitu dalam memenuhi pesanan pembeli Rima Rajut Surabaya agar mengecek dan melakukan konfirmasi pesanan pada pembeli, Rima Rajut Surabaya melakukan tanya jawab mengenai produk yang telah dikirim pada pembeli apakah produk telah sesuai dengan keinginan pembeli, Rima Rajut Surabaya melakukan pengecekan ulang pada produk yang akan dikirim untuk memastikan bahwa produk dalam kondisi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmiyah, Lailatullailatul.hikmiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemasaran
Keywords: Praktik Pemasaran : Pemasaran Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hikmiyah Lailatul
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:10
Last Modified: 08 Aug 2018 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26623

Actions (login required)

View Item View Item