Profil berpikir lateral dalam menyelesaikan masalah Matematika dibedakan dari tipe kepribadian Sensing-Intuition siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prayitno, Rizki Edi (2018) Profil berpikir lateral dalam menyelesaikan masalah Matematika dibedakan dari tipe kepribadian Sensing-Intuition siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Edi Prayitno_D74213088.pdf

Download (6MB)

Abstract

Langkah-langkah yang di lakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika cenderung berbeda-beda meskipun memiliki hasil akhir yang sama, salah satu cara berpikir yang sesuai untuk menyelesaikan masalah matematika adalah berpikir lateral. Kemampuan berpikir lateral juga dapat dilihat berdasarkan tipe kepribadian yang dimiliki siswa, salah satunya adalah tipe kepribadian sensing-intuition. Berdasarkan pemaparan yang ada di atas maka tujuan penelitian kali ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir lateral siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dibedakan dari tipe kepribadian sensing-intuition siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas VIII-F SMPN 1 Taman yang dipilih berdasarkan tipe kepribadian sensing-intuition yang berjumlah 2 (dua) siswa setiap tipe kepribadian. Pengumpulan data dengan menggunakan tes kepribadian, tes tulis, serta wawancara. Tes tertulis serta wawancara didasarkan atas langkah-langkah berpikir lateral. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka didapatkan kesimpulan: (1) Siswa dengan tipe kepribadian sensing-judging (SJ) dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menuliskan apa yang diketahui secara detail, menambahkan garis bantuan untuk menemukan bangun baru, serta menyelesaikan masalah dengan menggunakan dua cara yang inovatif. (2) Siswa dengan tipe kepribadian sensing-perceiving (SP) dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menuliskan apa yang diketahui secara singkat, memahami masalah dengan membacanya berulangkali, menyelesaikan masalah dengan cara yang monoton karena hanya dengan menggunakan satu cara seperti apa yang diajarkan guru. (3) Siswa dengan tipe kepribadian intuition-feeling (NF) dalam menyelesaikan masalah matematika dengan membacanya berulangkali untuk mendapatkan informasi apa yang diketahui dan ditanya, menuliskan dengan rinci apa yang diketahui, menyelesaikan masalah dengan menggunakan tiga cara yang inovatif. (4) Siswa dengan tipe kepribadian intuition-thinking (NT) dalam menyelesaikan masalah matematika dengan membaca soal berulang kali, mengamati gambar yang ada pada soal dan menambahkan garis bantuan pada gambar, dapat menjelaskan apa yang dikerjakan dengan baik, menyelesaikan masalah dengan menggunakan lebih dari tiga cara yang inovatif, terkadang mengerjakan masalah tanpa menggunakan rumus matematika tetapi bernilai benar.
Kata Kunci : Berpikir Lateral, Meyelesaikan Masalah Matematika, Tipe kepribadian Sensing-Intuition.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prayitno, Rizki Edirizkiedi99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Berpikir Lateral; Meyelesaikan Masalah Matematika; Tipe kepribadian Sensing-Intuition
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Prayitno Rizki Edi
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:12
Last Modified: 08 Aug 2018 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26651

Actions (login required)

View Item View Item