Implementasi Multi Criteria Decision Making (MCDM) untuk evaluasi pembangunan daerah berkelanjutan di Jawa Timur menggunakan metode Fuzzy C-Means dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaenab, Devi Saidatuz (2018) Implementasi Multi Criteria Decision Making (MCDM) untuk evaluasi pembangunan daerah berkelanjutan di Jawa Timur menggunakan metode Fuzzy C-Means dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Devi Saidatuz Zaenab_H92214023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penilaian kinerja pembangunan daerah berkelanjutan memiliki beberapa kriteria diantaranya, berdasarkan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Untuk mengetahui nilai dari kriteria-kriteria tersebut terdapat beberapa sub kriteria yang digunakan sebagai indikator. Banyaknya kriteria dan sub kriteria dalam penilaian kinerja pembangunan daerah berkelanjutan di Jawa Timur yang memiliki 29 kabupaten dan 9 kota membuat penilaian kinerja menjadi rumit sehingga diperlukan pendekatan yang dapat mengakomodir semua kriteria dan sub kriteria tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan MCDM. MCDM merupakan suatu metode pengambilan keputusan untuk menetapkan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rangking setiap kabupaten atau kota dalam evaluasi pembangunan daerah berkelanjutan di Jawa Timur berdasarkan hasil cluster menggunakan metode TOPSIS, sehingga dapat memberikan masukan kepada pemerintah daerah Jawa Timur dalam pengambilan keputusan untuk mengembangkan pembangunan daerah berkelanjutan berdasarkan preferensi kriteria kabupaten atau kota. Langkah dari penelitian ini terdiri analisis data, clustring data menggunakan Fuzzy C-Means, dan perangkingan menggunakan metode TOPSIS. Dalam analisis data menggunakan nilai KMO yang dilakukan menggunakan uji statistik sebesar 0, 659. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa kelayakan data dan analisis faktor cukup tepat untuk dilanjutkan keproses clustering data. Pada proses clustering data dapat mengelompokkan 4 cluster yaitu cluster daerah maju, potensial, berkembang, dan tertinggal. Kriteria pembobotan tersebut digunakan untuk proses perangkingan. Hasil dari penelitian ini berupa rangking setiap kabupaten atau kota di Jawa Timur dari kriteria ekonomi, sosial, lingkungan, dan keseluruhan kriteria. Untuk hasil perangkingan sepuluh besar teratas diduduki oleh Kabupaten Bojenogoro, Banyuwangi, Kota Malang, Kabupaten Mojokerto, Kota Kediri, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Malang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaenab, Devi Saidatuzdevisaidatuzzaenab@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: MCDM; Fuzzy C-Means; TOPSIS; Pembangunan Berkelanjutan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Zaenab Devi Saidatuz
Date Deposited: 08 Aug 2018 01:55
Last Modified: 08 Aug 2018 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26658

Actions (login required)

View Item View Item