This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohman, Muchammad Qolbir (2015) NILAI – NILAI PENDIDIKAN AKHLAK “PENAKLUK BADAI”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.
|
Text
Cover.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (350kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang dilakukan dalam mengkajiNilai – Nilai Pendidikan Akhlak “Penakluk Badai” dengan beberapa rumusan masalahyakni (1) Bagaimana kahisi “PenaklukBadai” ?. (2) Bagaimanakah nilai –nilai Pendidikan Akhlak “Penakluk Badai” ?
Adapun jenis penelitianini adalah penelitian kualitatif yang mengarah pada Penelitian litereratau library research, yakni menelaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan pustaka yang relevan dengan cara mengumpulkan data atauinformasi dari beberapa sumber pustaka.1 Dalam hal ini bahan – bahan yang diperlukan sebagai sumber ide untuk menggali pemikiran atau gagasan baru.
Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekata ninteraksi simbolik, yakni pendekatan yang berasumsi bahwa pengalaman manusia ditenga hiolehpenafsiran. Obyek, orang, situasi dan peristiwa tidak memiliki pengertiannya sendiri, akan tetapi sebaliknya. Pengertian itu diberika nuntuk mereka. Hal ini dilakukan dengan menafsirkan sesuatu dengan bantuan orang lain, seperti orang orang masa lalu, penulis, keluarga dan pribadi - pribadi yang ditemuinya.
Secaraumum, isi “Penakluk Badai” inikan agama Islam dan Perjalanan KH. Hasyim Asy‟ari dimulai dari beliau pradilahirkan sampai beliau wafat yang meliputias pekpendidikan, sosial, agama, keorganisasian kemasyarakatan dan perjuangan dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah belanda dan jepang dalam sampai beliau wafat.
Nilai – Nilai Pendidikan Akhlak “Penakluk Badai” setelah kami lakukan analisis di dalamnya secara umum ada 5 yakni akhlak terhadap Allah, dirisendiri, keluarga, Masyarakat, dan akhlakterhadap lingkungan. Dan dari 5 nilai pendidikan akhlak yang paling mendominasi adalah akhlak terhadap Allah SWT. Diantaranya sikapIkhlas, meneladani Rasulullahdll. Salah satu contohnya adalah ketika Kiai Hasyim Asy‟arimenunaikanIbadah Haji, beliaumelakukannyasebagaimana yang dilakukanolehRasulullah. Dan yang paling sedikit adalah akhlak terhadap lingkungan seperti ketika Kiai Hasyim As‟arimenegelolapesantren, beliaumengajarkan para santr itidak hanya mengaji saja akan tetapi memanfaatkan lahan yang dibuat untuk pertanian dan membuat kolam ikan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ahmad Yusam Thobroni | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak > Akhlak Mulia Pendidikan Islam Peradilan Agama Islam |
||||||
Keywords: | Nilai – Nilai Pendidikan Akhlak; “Penakluk Badai” | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mr Sulaiman Sulaiman | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2015 08:11 | ||||||
Last Modified: | 10 Nov 2015 08:11 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2666 |
Actions (login required)
View Item |