Pengorganisasian masyarakat dalam mengurangi kerentanan dan risiko bencana tanah longsor di Dusun Ngandong Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Khoirotun (2018) Pengorganisasian masyarakat dalam mengurangi kerentanan dan risiko bencana tanah longsor di Dusun Ngandong Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khoirotun Nisa_B72214019.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengurai tentang kerentanan masyarakat Dusun Ngandong Desa Siki dalam menghadapi bencana tanah longsor yang berfokus pada kerentanan dan risiko bencana tanah longsor, strategi yang tepat untuk pengurangan kerentanan dan risiko bencana tanah longsor dan hasil pencapaian pengorganisasian masyarakat dalam rangka menciptakan masyarakat kesiapsiagaan dalam kejadian bencana tanah longsor di Dusun Ngandong Desa Siki. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Reseach) dilakukan denganlangka-langkahsecara partisipatif dalam upaya untuk suatu perubahan. Langkah-langkah tersebut dilakukan dengan pemetaan awal, membangun hubungan kemanusiaan, penentuan agenda riset untuk perubahan sosial, pemetaan partisipatif, pengorganisasian masyarakat, pemetaan partisipatif, penentuan agenda riset,merumuskan masalah kemanusiaan, melancarkan aksi perubahan, meluaskan skala gerakan, sertatahap evaluasi. Proses pengorganisasian yang dilakukan di lapanganadalah dengan membangun kerjasama, melakukan inkulturasi bersama masyarakat untuk menuju sebuah penyadaran, merumuskan masalah kemanusiaan, membangun kelompok riset, merencanakan tindakan dengan belajar pengurangan risiko bencana, membentuk kelompok siapsiaga bencana, serta tahap evaluasi.Strategi yang digunakan untuk penyadaran masyarakat tentang upaya pengurangan risiko bencana dengan media tata kelola lahan yaitu sistem teras gulud dapat mengurangi erosi yang mengakibatkan tanah longsor, kemudian membuat pendidikan yang bertujuan untuk penyadaran masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana tanah longsor dan peringatan bahaya tanah longsor, pembentukan kelompok kecil siapsiaga bencana serta usulan kebijakan tentang mitigasi bencana dalam upaya pengurangan risiko bencana. Kegiatan ini telah menciptakan dalam bentuk terwujudnya kesadaran masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana tanah longsor.Munculnya kelompok siapsiaga bencanasehingga dapat meminimalisisr dampak dari bencana, serta dapat membuat peraturan tentang Pengurangan Risiko Bencana di Desa Siki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Khoirotunnisakhoirotun72@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; bencana; masyarakat siaga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nisa Khoirotun
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:38
Last Modified: 08 Aug 2018 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26683

Actions (login required)

View Item View Item