Negosiasi dalam al Qur'an: telaah penafsiran Syaikh Nawawi al-Bantani terhadap surat an-Naml ayat 34-36

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmat, Mas Nur (2018) Negosiasi dalam al Qur'an: telaah penafsiran Syaikh Nawawi al-Bantani terhadap surat an-Naml ayat 34-36. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas Nur Rachmat_E03213051.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tidak berfungsinya agama dengan baik dalam diri setiap individu. Agama dianggap hanya sebuah status yang harus dimiliki kebanyakan orang tanpa harus menyerap bagaimana makna hubungan antara kemanusiaan dan ketuhanaan, yang harus dilakukan setiap individu sesuai dengan ajaran dan kaidah agamanya. Skripsi ini menyajikan gambaran krisis multi dimensi, salah satu sumber yakni semakin jauhnya masyarakat terhadap pemahaman agama dan tidak menitik beratkan kepada intelektualitas saja, tanpa mementingkan sisi spiritualitas. Negosiasi dalam Al-Qur’an surat Al-Naml ayat 34-36. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode yang digunakan Syaikh Nawawi dalam menafsirkan Al-Qur’an serta implementasi metodologi penafsiran surat An-Naml ayat 34-36 dan bagaimana negosiasi dalam Al-Qur’an. Penulis melakukan penelitian keperpustakaan (library reseach). Sementara itu, pembahasannya sendiri menggunakan analisis deskriptif yaitu meneliti struktur pemikiran yang bersumber dari data-data tertulis dalam berbagai sumber. Sumber data primer yang digunakan penelitian ini adalah kitab tafsir Marāh Labīd Likasyfi Ma’na Qur’ānim Mājid. Sementara sumber data sekundernya berasal dari kitab-kitab tafsir lainnya dan buku ulum Al-Quran yang ada kaitannya. Pendekatan penafsiran surat An-Naml ayat 34-36 Syaikh Nawawi menggunakan metode tahlilī yang berbentuk ma’tsur, disamping itu menggunakan teori ulumūl Qur’an pada umumnya seperti munāsabah, riwayat isrāiliyyāt, tidak semua isrāiliyyāt sesuai dengan rasio dan akal sehat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmat, Mas Nurrachmatnur42@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Cerita dalam Al Qur'an
Perdamaian
Keywords: Negosiasi; surat an-Naml ayat 34-36; Imam Nawawi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rachmat Mas Nur
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:54
Last Modified: 10 Aug 2018 01:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26711

Actions (login required)

View Item View Item