Aplikasi metode Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average dan Winter's Exponential Smooting untuk meramalkan omzet koperasi Al-Kautsar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiyah, Masbachatul (2018) Aplikasi metode Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average dan Winter's Exponential Smooting untuk meramalkan omzet koperasi Al-Kautsar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
MASBACHATUL ILMIYAH_H02214003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pengembangan usaha koperasi, hal yang perlu diperhatikan adalah omzet. Hal ini disebabkan omzet memiliki pengaruh yang positif terhadap usaha, sehingga penting untuk mengetahui kemungkinan yang terjadi di masa yang akan datang sebagai dasar dalam menentukan kebijakan koperasi dengan melakukan suatu proses peramalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model peramalan jumlah omzet Koperasi Al-Kautsar dengan metode Seasonal ARIMA dan Winter’s Exponential Smoothing serta mengetahui perbandingan hasil model peramalan dari kedua metode tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Seasonal ARIMA untuk peramalan omzet koperasi adalah model 〖(1.1.0)(0.1.1)〗_12 dengan nilai MAPE sebesar 22,63% dan MSE sebesar 103013419. Sedangkan peramalan dengan metode Winter’s Exponential Smoothing menghasilkan α=0.5, β=0.1, γ=0.1, model peramalan F_(t+m)=(A_(t )+ mT_t)S_(t-12+m) dengan nilai MAPE sebesar 31,55% dan MSE sebesar 93145926,21. Peramalan jumlah omzet Koperasi Al-Kautsar lebih tepat menggunakan metode Seasonal ARIMA karena menghasilkan nilai MAPE dan nilai MSE yang lebih kecil daripada nilai MAPE dan nilai MSE yang dihasilkan oleh metode Winter’s Exponential Smoothing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiyah, Masbachatulmasbachatul.ilmiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Seasonal ARIMA, Winter’s Exponential Smoothing, Peramalan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Ilmiyah Masbachatul
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:57
Last Modified: 08 Aug 2018 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26732

Actions (login required)

View Item View Item