Peran Kiai Ahmad Siddiq dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Pungging-Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Ismul (2018) Peran Kiai Ahmad Siddiq dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Pungging-Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismul Latifah_D71214065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesantren merupakan tempat untuk belajar pengetahuan tentang akidah-akidah agama islam, Al-Qur’an dan Sunnah Rasul, elemen yang sangat esensial bagi pesantren adalah kiai atau pengasuh Pondok Pesantren. Dapat dikatakan bahwa kiai memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk karakter santrinya. Dengan berusaha semaksimal mungkin, kiai memberikan pendidikan karakter serta membimbing para santri kepada hal yang lebih baik. Upayah kiai dalam pembentukan karakter santri dengan menyangkut pautkan kitab-kita yang diajarkan dengan bimbingan langsung. Untuk mengungkap sisi peran kiai dalam pembentukan karakter santri, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peran kiai dalam pembentukan karakter santri di pondok pesantren Nurul Islam Pungging-Mojokerto? (2) apa pendukung dan penghambat kiai dalam pembentukan karakter santri? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Researcha) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran secermat mungkin mengenai peran kiai dalam membentuk karakter santri, pendukung kiai dalam membentuk karakter santri serta penghambat kiai dalam membentuk karakter santri. Data yang dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyekpenelitian ini yaitu pondok pesantren Nurul islam Pungging Mojokerto. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang sudah terkumpul sebagaimana adanya disusun, diinterprestasikan kemudian dianalisis, untuk selanjutnya diambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa upaya kiai sebagai pengasuh, oragtua kedua, pemimpin, pengajar dan pendidik sudah menjalankan tugasnya dengan cara membimbing, mengarahkandan mendidik secara langsung dan dibantu pengajar yang lain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak yang membutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Ismulismullatifah049@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Kiai; Pesantren; Pembentukan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Latifah Ismul
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:59
Last Modified: 09 Aug 2018 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26749

Actions (login required)

View Item View Item