Reinforcement teqhnique dalam meningkatkan interaksi sosial remaja autisme di SLB Pelita Lestari Kandangan Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunitasari, Aviva (2018) Reinforcement teqhnique dalam meningkatkan interaksi sosial remaja autisme di SLB Pelita Lestari Kandangan Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aviva Yunitasari_B93214046.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan Reinforcement Technique dalam meningkatkan Interaksi Sosial Remaja Autisme di SLB Pelita Lestari Kandangan Kecamatan Krembung kabupaten Sidoarjo? (2) Bagaimana Hasil Pelaksanaan Reinforcement Technique dalam meningkatkan Interaksi Sosial Remaja Autisme di SLB Pelita Lestari Kandangan Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo?Dalam membahas permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis Deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara observasi, dan dokumentasi.Permasalahan konseli yakni kurangnya interaksi sosial, konseli yang cenderung diam, tidak pernah berbicara, dan tidak pernah berbaur dengan teman-temannya sehingga konseli tidak mempunyai teman dan proses belajar konseli yang kurang maksimal, konseli tidak dapat menirukan pelafalan guru pendamping ketika diajarkan membaca dan belajar mengenal lingkungan.Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses konseling menggunakan terapi behavior dengan teknik perkuatan positif (Reinforcement Technique), dengan pendekatan ini konseli diharapkan dapat meningkatkan interaksi sosial konseli. Hasil dari penerapan konseling dalam penelitian ini kurang berhasil, yakni bisa dilihat dari sikap konseli yang belum dapat mengikuti pelafalan huruf abjad seperti teman-temannya, konseli juga belum mengenal nama teman-temanya dan menyapa, berbincang, bertanya aktifitas dengan teman-temannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunitasari, Avivaavivasarii24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Reinforcement Technique; Remaja Autisme
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yunitasari Aviva
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:33
Last Modified: 08 Aug 2018 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26757

Actions (login required)

View Item View Item