Sejarah perkembangan Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat tahun 2001-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmawati, Lutfi (2018) Sejarah perkembangan Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat tahun 2001-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lutfi Rochmawati_A72214064.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat tahun 2001-2017”. Adapun fokus penelitian yang akan dibahas dalam skripsi ini sebagai berikut (1) Bagaimana Sejarah berdirinya Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat? (2) Bagainama Perkembangan Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat tahun 2001-2017? (3) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan metode sejarah, penelitian ini menggunakan empat tahap penelitian yaitu, (1) Heuristik (Pengumpulan Sumber), (2) Verifikasi (Kritik Sumber), (3) Inteprestasi (Penafsiran Sumber), dan (4) Historiografi (Penulisan Sejarah). Pendekatan sejarah digunakan untuk mengetahui sejarah perkembangan Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat tahun 2001-2017. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori perubahan, perubahan untuk melakukan pergeseran dari keadaan sekarang dalam suatu organisasi (Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat ) menuju pada keadaan yang diinginkan di masa depan. Menurut Hans Garth dan C Wright Mills, yaitu perubahan sosial yaitu kemunculan perkembangan ataupun kemunduran dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, ataupun tatanan yang meliputi tatanan sosial. Dalam hasil penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini dapat disimpulkan (1) Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat dirikan pada tahun 2001 berawal dari Panti Asuhan kemudian telah berkembang pesat hingga sekarang. (2) Perkembangan yang pesat dari Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat berasal dari program-program seperti: Senyum Janda Manula, KOMBES, Panti Asuhan, Tahfidzul Qur’an, Aqiqoh, dan Usaha Bunda Yatim. (3) Dalam Perkembangan Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat dari tahun 2001 hingga tahun 2017 terdapat banyak faktor dari faktor pendukung maupun faktor penghambat lembaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmawati, Lutfilutfirochmawati03@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Amil Zakat
Keywords: Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Ummat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rocmawati Lutfi
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:16
Last Modified: 09 Aug 2018 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26762

Actions (login required)

View Item View Item