Implementasi sistem deteksi indikasi plagiarisme menggunakan metode n-grams dan document fingerprinting berbasis web

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulan, Fitri Ratna Ning (2018) Implementasi sistem deteksi indikasi plagiarisme menggunakan metode n-grams dan document fingerprinting berbasis web. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitri Ratna Ning Wulan_H76214010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Plagiarisme dalam dunia pendidikan sangat diperhatikan, mahasiswa sering melakukan tindakan plagiasi salah satunya mencantumkan karya orang lain tanpa menyertakan sumber. Plagiarisme dapat diminimalisir dengan mendeteksi kesamaan kata pada dokumen, salah satu metode yang digunakan yaitu metode n-grams. Pelitian ini mencoba untuk mengimplementasikan sistem deteksi indikasi plagiarisme menggunakan metode n-grams dan document fingerprinting dengan mencari nilai n-grams yang paling efektif digunakan dalam mendeteksi indikasi plagiarisme dari perbandingan hasil pengujian dengan sistem dan secara manual. Penelitian ini menggunakan metode n-grams dengan n = 3,4,5,6,7 untuk mancari nilai n yang paling efektif, algoritma winnowing dan jaccard coefficient untuk menentukan prosentase kemiripan. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem mampu mendeteksi indikasi plagiarisme berdasarkan kesamaan kata dan nilai n yang paling efektif digunakan untuk mendeteksi kesamaan dokumen adalah n = 6 dan n = 7 berdasarkan 3 skenario dengan prosentase selisih rata-rata (akurasi) antara pengujian secara sistem dan manual paling kecil adalah 3,19% dan 2,16%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulan, Fitri Ratna Ningfitriratna96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Informasi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: plagiarisme; metode n-grams; document; fingerprinting berbasis web
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Wulan Fitri Ratna Ning
Date Deposited: 09 Aug 2018 01:50
Last Modified: 09 Aug 2018 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26769

Actions (login required)

View Item View Item