Strategi koperasi keuangan syariah dalam menekan tingkat non performing financing (NPF) (studi kasus pada BMT AL-UMMAH Mojokerto)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardoyo, Fitra Ronny Syndu (2018) Strategi koperasi keuangan syariah dalam menekan tingkat non performing financing (NPF) (studi kasus pada BMT AL-UMMAH Mojokerto). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitra Ronny Syndu Wardoyo_C04213022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ”Strategi Koperasi Keuangan Syariah dalam Menekan Tingkat Non Performing Financing (NPF)” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang faktor apakah saja menyebabkan pembiayaan bermasalah dan strategi Koperasi Syariah BMT AL-UMMAH dalam menekan tingkat NPF.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung dengan informan, dimana dalam penelitian ini yaitu para nasabah dan pegawai BMT AL-UMMAH Mojokerto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 10 faktor mengalami pembiayaan bermasalah, dimana faktor lebih didominasi oleh penurunan pendapatan, lalu diikuti oleh kegagalan usaha, lesunya perekonomian, penyalahgunaan dana dan lokasi nasabah yang jauh sehingga membuat para nasabah BMT menjadi kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran kepada BMT . Sedangkan strategi BMT dalam menangani NPF dengan cara lebih berhati-hati disaat ekonomi lesu, dan lebih sering berkomunikasi terhadap nasabah dan lebih sering berkunjung ke nasabah untuk menjaga terjadinya NPF, dan terhadap nasabah yang bermasalah dengan memberikan bantuan dana kepada nasabah yang siap berusaha kembali, menambah jangka waktu bagi nasabah yang mengalami penurunan pendapatan dan menjualkan jaminan nasabah apabila sudah tidak mampu melunasi kewajiban pembayaran.

Kata kunci : Strategi Koperasi, Non Performing Financing (NPF), Pembiayaan Bermasalah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardoyo, Fitra Ronny Syndumas.syndu@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wardoyo Fitra Ronny Syndu
Date Deposited: 06 Nov 2018 02:47
Last Modified: 27 Jan 2020 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26793

Actions (login required)

View Item View Item