Kajian dinamika penggunaan lahan zona inti gumuk pasir tipe barkhan pasca restorasi di Parangtritis, Bantul, Yogyakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laily, Anis Nur (2018) Kajian dinamika penggunaan lahan zona inti gumuk pasir tipe barkhan pasca restorasi di Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anis Nur Laily_H94214025.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Gumuk pasir Parangtritis merupakan gumuk pasir tipe barkhan yang unik dan langka karena terbentuk pada iklim tropika basah. Penggunaan lahan gumuk pasir yang semakin meningkat dari tahun ke tahun membuat gumuk pasir diambang kepunahan. Koordinasi multi-stakeholder diperlukan untuk mengantisipasi kepunahan gumuk pasir melalui kegiatan restorasi. Kegiatan restorasi berupa translokasi permukiman dan tambak. Ada pro dan kontra dari masyarakat sekitar gumuk pasir terkait translokasi, namun translokasi permukiman dan tambak tetap terlaksana pada akhir tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika penggunaan lahan gumuk pasir pra restorasi dan pasca restorasi serta dampak sosial ekonomi. pasca restorasi terhadap pengelola wisata dan pedagang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan keruangan tipe pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lahan pra restorasi tahun 2002, 2009, dan 2012 menunjukkan. Adanya perkembangan luas hutan lahan kering, semak belukar, dan permukiman. Sedangkan luas gumuk pasir dalam kurun waktu 10 tahun mengalami penurunan yang signifikan yakni 24,16 Ha atau 17,12% dari total luas Zona Inti Gumuk Pasir. Penggunaan lahan pasca restorasi tahun 2018. Menjadi semakin beragam dengan adanya pembangunan Jalan Jalur Lintas Selatan (JLS) dan penambangan pasir liar. Luas gumuk pasir pasca restorasi menurun menjadi 27,68 Ha. Dampak sosial ekonomi restorasi gumuk pasir terhadap pengelola wisata dan pedagang diantaranya semakin banyak pengelola wisata dan pedagang yang memanfaatkan gumuk pasir menyebabkan omset bulanan setiap anggota semakin menurun.Permasalahan tanah milik warga yang masuk ke Zona Inti menjadi sebab adanya penambangan pasir liar karena merasa memiliki dan masyarakat yang kembali membangun bangunan semi permanen untuk berdagang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laily, Anis Nuranisnurlaily500@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Gumuk Pasir, Barkhan, Penggunaan Lahan, Restorasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Anis Nur Laily
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:38
Last Modified: 08 Aug 2018 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26794

Actions (login required)

View Item View Item