Pengawasan Pembiayaan Rahn Tasjily Dalam Upaya Mengurangi Risiko Pembiayaan Bermasalah Di BMT-UGT Sidogiri Capem Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ishfar, Nailul Haromaini (2018) Pengawasan Pembiayaan Rahn Tasjily Dalam Upaya Mengurangi Risiko Pembiayaan Bermasalah Di BMT-UGT Sidogiri Capem Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Nailul Haromaini Ishfar_C04213046.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul ”Pengawasan Pembiayaan Rahn Tasjily dalam Upaya Mengurangi Risiko Pembiayaan Bermasalah di BMT-UGT Sidogiri Capem Waru Sidoarjo” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengawasan yang dilakukan oleh BMT-UGT Sidogiri dalam mengatasi risiko pembiayaan bermasalah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara secara langsung dengan informan atau narasumber, dimana dalam penelitian ini yaitu Kepala Capem dan karyawan BMT-UGT Sidogiri Capem Waru Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan pembiayaan rahn tasjily yang dilakukan oleh BMT-UGT Sidogiri Capem Waru Sidoarjo dalam upaya mengurangi risiko pembiayaan bermasalah adalah dengan menerapkan penilaian 5C yang meliputi (character, capacity, capital, collateral dan condition of economic) dan juga melalui kepercayaan serta kekeluargaan terhadap calon debitur yang menjadi pioneer dalam setiap pembiayaan yang dilakukan. Juga menerapkan sistem penyelesaian pembiayaan bermasalah dengan cara 3R yang meliputi Reschedulling, Reconditioning, dan Restructuring.Kurangnya pihak yang khusus menangani di bidang pengawasan dan tidak menerapkan prosedur yang sesuai merupakan penyebab pembiayaan bermasalah khususnya pada pembiayaan rahn tasjily di BMT-UGT Capem Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ishfar, Nailul Haromainiishfarharomain@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pengawasan; Pembiayaan bermasalah; Rahn Tasjily
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ishfar Nailul Haromaini
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:51
Last Modified: 08 Aug 2018 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26810

Actions (login required)

View Item View Item