Bimbingan dan konseling Islam dengan penerapan dzikir Nurur Rohmah untuk menangani kecemasan seorang santri baru di Pondok Pesantren Nurur Rohmah Belud Sarirejo Mojosari Mantup Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilma, Muhibbatul (2018) Bimbingan dan konseling Islam dengan penerapan dzikir Nurur Rohmah untuk menangani kecemasan seorang santri baru di Pondok Pesantren Nurur Rohmah Belud Sarirejo Mojosari Mantup Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhibbatul Ilma_B03214006.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah tentang (1) bagaimana proses Dzikir Nurur Rohmah untuk menangani kecemasan seorang santri baru dipondok pesantren Nurur Rohmah? (2) bagaimana hasil dari Dzikir Nurur Rohmah untuk menangani kecemasan seorang santri baru dipondok pesantren Nurur Rohmah. Dalam menjawab permasalahn tersebut, metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitataif dekriptif, dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisa menggunakan analisa deskriptif komperatif. Peneliti mencari data dengan melakukan wawancara dan observasi. Setelah data terkumpul kemudian analisa dilakukan untuk mengetahui hasil dari proses dzikir Nurur Rohmah untuk menangani kecemasan seorang santri baru dipondok pesantren Nurur Rohmah. Peneliti ini menghasilkan data bahwa proses dzikir Nurur Rohmah untuk menangani kecemasan seorang santri baru dipondok pesantren Nurur Rohmah dengan cara konselor memberikan pengarahan kepada konseli, menjelaskan isi dari dzikir,nkonselor memberikan sugesti kepada konseli, konselor memberikan bimbingan proses sebelum membaca dzikir Nurur Rohmah yaitu dengan membaca tawassul terlebih dahulu kemudian setelah itu dilanjutkan dengan membaca Dzikir Nurur Rohmah. Proses selanjutnya adalah konseli menerapkan apa yang sudah didapat dari penjelasan peneliti sebelumnya. Setelah selesai proses penerapan Dzikir Nurur Rohmah, Alhamdulillah dengan izin Allah SWT konseli yang sebelumnya merasa cemas, sering menangis, menyendiri, dan sekarang sudah berkurang dan berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilma, Muhibbatulmuhibbahilma384@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Doa dan Zikir
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Dzikir Nurur Rohmah; Kecemasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ilma Muhibbatul
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:35
Last Modified: 10 Aug 2018 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26821

Actions (login required)

View Item View Item