Pengorganisasian masyarakat melalui pengolahan lahan pekarangan dalam memaksimalkan program kawasan rumah pangan lestari di Dusun Krajan, Desa Sumberbening, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Yunita Anjar (2018) Pengorganisasian masyarakat melalui pengolahan lahan pekarangan dalam memaksimalkan program kawasan rumah pangan lestari di Dusun Krajan, Desa Sumberbening, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yunita Anjar Sari_B92214058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupkan realitas yang terjadi di Desa Sumberbening, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek dimana pekarangan belum dimanfaatkan secara optimal. Masyarakat hanya menggantungkan hidupnya dari hasil hutan yang tidak seberapa sehingga mereka susah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi lahan tidak produktif yang ada di Desa Sumberbening, mengetahui strategi yang dijadikan solusi untuk pemecahan lahan tidak produktif yang termasuk dalam kategori lahan kritis dan bagaimana perubahan setelah adanya pendidikan tentang Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Penelitian ini menggunakan metode Partisipatory Action Research (PAR) yang di dalam prosesya mengutamakan partisipasi dari masyarakat. Upaya yang dilakukan guna mengatasi persoalan di atas adalah dengan melakukan sosialisasi dan pendidikan tentang KRPL, belajar pengolahan lahan, pemibitan hingga perawatan serta membuat pesisida yang ramah lingkungan agar tidak semakin memperburuk kondisi lahan kritis yang ada serta melakukan advokasi agar program yang telah ada dapat berlanjut karena diawasi oleh desa secara langsung. Dari berbagai upaya yang telah dilakukan masyarakat menjadi bersemangat untuk mencintai lingkungannya dengan megolah lahan pekarangan mereka menjadi lumbung pangan dan gizi keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Yunita AnjarYunita.Anjarsari96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Lahan tidak produktif, Kawasan Rumah Pangan Lestari, Lumbung pangan dan gizi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sari Yunita Anjar
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:33
Last Modified: 09 Aug 2018 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26828

Actions (login required)

View Item View Item