Analisis kualitas air sebagai parameter kesesuaian wisata bahari di pantai Gemah kabupaten Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanum, Puspita Latifah (2018) Analisis kualitas air sebagai parameter kesesuaian wisata bahari di pantai Gemah kabupaten Tulungagung. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puspita Latifah Hanum_H94214023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data Pemerintah Kabupaten Tulungagung (2017) menyebutkan bahwa Pantai Gemah adalah salah satu pantai di pesisir selatan Desa Kebo Ireng Kabupaten Tulungagung. Pada tahun 2016, banyak masyarakat yang mengunjungi Pantai Maka dari itu, penelitian terkait kualitas air dan kesesuaian untu wisata bahari sangat penting untuk menjaga daya tarik wisatawan terhadap Pantai Gemah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April - Mei 2018 di Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung. Penelitian difokuskan pada satu titik yaitu pada titik 8°15’54” Lintang Selatan dan 111°46’15” Bujur Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode time series dengan pengambilan sampel pada satu titik dalam tiga waktu yaitu pukul 06.00 WIB, 12.00 WIB, 15.00 WIB. Pengambilan data sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup nomor 51 tahun 2004, untuk mendapatkan indeks kualitas air suatu perairan yang digunakan sebagai wisata bahari berdasarkan satu seri data yang terdiri atas data dari minimal tiga kali pengamatan pada titik yang sama di perairan. Dalam penelitian ini dibatasi pada penilaian 10 parameter, yaitu bau, kecerahan, padatan tersuspensi total, suhu, sampah, lapisan minyak, pH, salinitas, DO, dan BOD5. Kualitas air di Pantai Gemah termasuk kategori tercemar ringan dengan skor -10 karena terdapat beberapa parameter yang tidak sesuai baku mutu yang diamati. Kategori tercemar ringan masuk kedalam kualifikasi kelas dua sesuai Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2001, sehingga Pantai Gemah sesuai untuk wisata bahari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanum, Puspita Latifahpuspitahanum.ph@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Kualitas air; Wisata; Pantai Gemah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Hanum Puspita Latifah
Date Deposited: 09 Aug 2018 01:59
Last Modified: 09 Aug 2018 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26850

Actions (login required)

View Item View Item