Uji potensi bakteri pendegradasi minyak solar di perairan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ika, Nurjanah (2018) Uji potensi bakteri pendegradasi minyak solar di perairan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Nurjanah_H94214018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelabuhan Tanjung Perak terletak di wilayah utara kota Surabaya. Tingginya kepadatan trafik di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dapat menimbulkan masalah baru yaitu bertambahnya jumlah kapal–kapal maka peningkatan kapasitas pengisian minyak solar pada kapal sehingga mengakibatkan volume buangan yang mengandung minyak (oily waste) cenderung meningkat. Pada kondisi over kapasitas, rawannya kecelakaan pelayaran akan beresiko terjadinya bencana tumpahan minyak (oil spill) yang berasal dari muatan kapal. Alternatif penanggulangan secara tepat dan tidak menganggu lingkungan yaitu dengan cara menggunakan bakteri yang mampu mendegradasi minyak solar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bakteri yang berpotensi mendegradasi minyak solar di Pelabuhan Tanjung Perak dan dapat mengetahui kemampuan isolat bakteri tersebut dalam mendegradasi minyak solar.Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling pada pengambilan sampel air laut dan menggunakan metode observasi di laboraturium terhadap isolasi bakteri pendegradasi minyak, karakterisasi pengamatan bakteri, dan uji biodegradasi minyak solar. Hasil penelitian pada perairan Pelabuhan Tanjung Perak diperoleh 7 isolat bakteri pendegradasi minyak solar, dimana 5 isolat terdapat pada Stasiun 1 yang berlokasi pada Pelabuhan Dermaga Jamrud Utara diperoleh isolat bakteri yaitu Genus Pseudomonas, Genus Bacillus, Genus Klebsiella, Genus Enterobacter, Genus Citrobacter. Sedangkan 2 isolat yaitu Genus Bacillus dan Genus Klebsiella diperoleh dari Stasiun 2 yang berlokasi Terminal Gapura Surya Nusantara. Hasil identifikasi bakteri yang mampu mendegradasi minyak solar secara signifikan adalah konsorsium (isolat campuran pada Genus Pseudomonas, Genus Bacillus, Genus Klebsiella, Genus Enterobacter dan Genus Citrobacter) dengan persentase biodegradasi sebesar 94.57%. Pada isolat tunggal, pada Stasiun 1 yang memiliki persentase biodegradasi tertinggi adalah Genus Pseudomonas dan Genus Bacillus dengan persentase biodegradasi masing – masing sebesar 91.94 % dan 89.99%. Sedangkan pada Stasiun 2, bakteri pendegradasi yang memiliki persentase tertinggi adalah Genus Bacillus dengan persentase 88.61 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ika, Nurjanahikanur300596@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Ilmu Kelautan
Keywords: Pelabuhan Tanjung Perak; biodegradasi; minyak solar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Nurjanah Ika
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:55
Last Modified: 09 Aug 2018 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26853

Actions (login required)

View Item View Item