Perancangan lahan pasca tambang sebagai resort di kawasan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukaromah, Siti (2018) Perancangan lahan pasca tambang sebagai resort di kawasan Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Mukaromah_H03214006.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kota Gresik merupakan kota yang sebagian besar tanah kapur. Salah satu alasan didirikan pabrik semen dan dikenal sebagai kota tempat berdirinya pabrik semen pertama dan terbesar yaitu Semen Indonesia Gresik. Pertambangan kapur selain mempunyai dampak positif juga mempunyai dampak negatif terhadap lingkungan diantaranya erosi, terganggunya flora dan fauna serta perubahan iklim mikro. Pemanfaatan lahan bekas tambang merupakan upaya untuk memperbaiki kondisi lingkungan agar menghasilkan lingkungan yang baik dibandingkan rona awal. Seluruh kebijakan penataan, reklamasi dan revitalisasi kawasan diarahkan dalam rangka memperbaiki lingkungan yang rusak serta pengembangan ekonomi lokal untuk keseimbangan dan kemandirian daerah sehingga dapat diwujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Salah satu kawasan lahan bekas tambang kapur adalah kawasan kebomas. Kawasan ini memiliki potensi lanskap danau bekas tambang yang terbentuk dari aktivitas pertambangan kapur. Potensi lanskap seperti pemandangan alam, serta struktur lanskap yang baik seperti terbentuknya danau pada lahan bekas tambang dan terdapat lahan hijau disekeliling area bekas tambang. Hal ini menjadikan salah satu alasan untuk memanfaatkan area bekas tambang sebagai area pariwisata terutama sebagai resort. Perancangan resort yang memberikan layanan penginapan dan rekreasi bagi pengunjung yang ingin beristirahat dari rutinitas sehari-hari. Resort yang menggunakan pendekatan arsitektur neo vernakular dengan mengangkat aksitektur khas gresik yaitu candi bentar. Dari perancangan lahan pasca tambang sebagai resort dapat mewujudkan perlindungan lingkungan untuk kehidupan masa kini dan yang akan datang. Potensi wisata alam yang ada pada kawasan bekas tambang kapur dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan daerah serta dapat memajukan kawasan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukaromah, Sitirimamukaromah5@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Lahan pasca tambang; resort; arsitektur neo vernakular
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Mukaromah Siti
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:50
Last Modified: 09 Aug 2018 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26856

Actions (login required)

View Item View Item