Pemberdayaan Komunitas Karang Taruna dalam menciptakan Lingkungan Green And Clean di Banyu Urip Kidul Vii Rt 07 / Rw 03 Kecamatan Sawahan Kelurahan Banyu Urip Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzulfikar, Alfin (2018) Pemberdayaan Komunitas Karang Taruna dalam menciptakan Lingkungan Green And Clean di Banyu Urip Kidul Vii Rt 07 / Rw 03 Kecamatan Sawahan Kelurahan Banyu Urip Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfin Dzulfikar_B72214015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan komunitas Karang Taruna dalam menciptakan lingkungan Green and Clean. Dengan melihat sebuah aset terbesar yaitu pemuda pemudi sebagai generasi penerus masa depan dalam mengembalikan nilai – nilai kepemudaan melalui pengorganisasian pemuda Karang Taruna. Untuk menciptakan kegiatan dan perubahan baru bagi sebuah kampung dengan menghidupkan organisasi komunitas Karang Taruna dalam menciptakan kegiatan penghijauan lingkungan. Pendampingan ini menggunakan pendekatan berbasis aset atau kekuatan atau biasa dikenal dengan ABCD (Asset Based Community Development). ABCD merupakan pendekatan pendampingan yang mengutamakan pemanfaatan potensi dan aset yang dimiliki oleh masyarakat. Modal terbesar dalam pengembangan masyarakat adalah keinginan untuk kehidupan lebih baik, hal itu akan lebih baik jika muncul dari masyarakat sendiri. Optimalisasi aset menjadi sangat penting dalam pemberdayaan masyarakat. Apapun aset dan potensi yang dimiliki akan sangat berguna jika disadari dan dimanfaatkan dengan baik. Fasilitator melakukan pendampingan dengan pendekatan berbasis aset berupaya untuk merubah paradigma pemuda dalam melihat keadaan sosial. Melalui kegiatan pemberdayaan baru di dalam suatu komunitas untuk menciptakan suatu perubahan lingkungan penghijauan dengan memanfaatkan aset dan potensi yang mereka miliki. Melalui program aksi pengorganisasian pemuda Karang Taruna, kegiatan FGD diskusi bersama, dan penggalangan donasi hingga sampai aksi kerja bakti menghasilkan perubahan Mindset atau pola perilaku. Bahwa sebenarnya mereka mampu melakukan perubahan demi kebaikan bersama, serta mampu memberikan dampak yang sangat baik untuk lingkungan sekitar, termasuk penghijauan kampung dan mulai kembalinya nilai – nilai keaktifan pemuda dalam berorganisasi, sehingga mereka ada untuk aktif kegiatan kembali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzulfikar, Alfinalfindzulfikar294@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Pemuda Karang Taruna; Pemberdayaan; Lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dzulfikar Alfin
Date Deposited: 09 Aug 2018 05:34
Last Modified: 09 Aug 2018 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26873

Actions (login required)

View Item View Item