Valuasi total ekonomi ekosistem Mangrove di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur Tahun 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pertiwi, Nindy Eka (2018) Valuasi total ekonomi ekosistem Mangrove di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur Tahun 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nindy Eka Pertiwi_H74214016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ekosistem Mangrove merupakan salah satu ekosistem paling produktif di dunia, memperkaya perairan pesisir, menghasilkan produk hutan komersial, melindungi garis pantai, dan mendukung perikanan pesisir. Penelitian ini dilakukan dengan fokus pada identifikasi ekosistem mangrove dan mengetahui nilai total ekonomi mangrove di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Metode pengukuran dan pengambilan data vegetasi mangrove menggunakan metode garis lurus atau transek garis. Nilai ekonomi total dilakukan dengan cara wawancara masing-masing responden untuk memperkirakan nilai ekonomi, yaitu: manfaat langsung, manfaat tidak langsung, manfaat pilihan, dan manfaat keberadaan dari hutan mangrove tersebut. Jenis mangrove yang ditemukan yaitu jenis Avicenia marina, Rhizopora mucronata, Bruguiera silindrica, dan Rhizopora apiculata. Nilai ekonomi total yaitu Rp. 20.904.211.020 yang diperoleh dari manfaat langsung, manfaat tak langsung, manfaat pilihan dan manfaat keberadaan. Untuk manfaat langsung total diperoleh sebesar Rp. 20.405.400.000. Manfaat langsung berasal dari manfaat kepiting, kerang, tambak ikan bandeng, dan kayu bakar. Untuk nilai guna tak langsung yang dihitung yaitu sebagai penahan abrasi dengan nilai yang diperoleh Rp. 315.353.520 per tahun. Untuk manfaat pilihan (nilai biodiversitas) nilai yang diperoleh sebesar Rp. 1.057.500 / tahun. Untuk nilai keberadaan dari ekosistem mangrove sebesar Rp. 182.400.000.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pertiwi, Nindy Ekanindy.pertiwi03@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ilmu Kelautan
Keywords: Mangrove; Valuasi; Banyuurip
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Pertiwi Nindy Eka
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:59
Last Modified: 21 Aug 2018 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26875

Actions (login required)

View Item View Item