Evaluasi usability Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian UIN Sunan Ampel Surabaya Berbasis ISO 9241-11

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosalinda, Sayyidatul Eka Putri (2018) Evaluasi usability Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian UIN Sunan Ampel Surabaya Berbasis ISO 9241-11. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sayyidatul Eka Putri Rosalinda_H76214011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pentingnya memiliki sistem informasi manajemen salah satunya yaitu untuk mengelola data pegawai sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian. Salah satunya Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian UIN Sunan Ampel Surabaya (SIMPEG). Berdasarkan Instrumen Data Monitoring dan Evaluasi Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data, ada 15% pegawai merasa tidak puas dengan SIMPEG dalam aspek usability. Sehingga, ISO 9241-11 diperlukan sebagai acuan untuk mengetahui hasil dari tujuan penelitian ini yaitu evaluasi rekomendasi perbaikan bagi pengembang SIMPEG. Populasi data meliputi 97 pegawai yang terdiri dari 60 dosen dan 37 tenaga kependidikan UIN Sunan Ampel Surabaya yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan menggunakan teknik sampling Stratified Random Sampling. Adapun analisis data dengan Partial Least Square (PLS) menghasilkan 3 variabel independen (effectiveness, efficiency, dan satisfaction) dan 1 variabel dependen (usability). Efficiency memiliki nilai signifikan 1,789 terhadap usability. Dilanjutkan dengan effectiveness memiliki nilai tidak signifikan sebesar 0,918 dan satisfaction memiliki nilai paling signifikan terhadap usability sebesar 6,954. Adapun nilai-nilai dari variabel effectiveness yang memiliki nilai T-Statistik yang tidak siginifikan yaitu 0,913, nilai effect size kategori lemah yaitu 0,067, dan nilai original sampel yang negatif yaitu -0,054. Maka, dapat disimpulkan bahwa SIMPEG tidak memenuhi kaidah effectiveness menurut ISO 9241-11, sehingga rekomendasi desain pengembangan SIMPEG di titik beratkan pada perbaikan fitur upload, pencarian, dan beberapa menu lainnya agar effectiveness dapat tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosalinda, Sayyidatul Eka Putris.ekaputrirosalinda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Pendidikan > Evaluasi
Informasi
Keywords: usability; Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian UIN Sunan Ampel Surabaya; ISO 9241-11
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Rosalinda Sayyidatul Eka Putri
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:55
Last Modified: 09 Aug 2018 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26887

Actions (login required)

View Item View Item