Interaksi sosial Pondok Pesantren Darussalam dengan Masyarakat Kristen di Tambak Madu Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Mar’atus (2018) Interaksi sosial Pondok Pesantren Darussalam dengan Masyarakat Kristen di Tambak Madu Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mar'atus Sholihah_E02214008.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas tentang interaksi sosial pondok pesantren Darussalam dengam masyarakat Kristen di Tambak Madu Surabaya.Adapun tujuan penelitian ini, pertama, untuk mengetahui interaksi kemasyarakatan antara pondok pesantren Darussalam dan masyarakat Kristen di Tambak Madu Surabaya, kedua, untuk mengetahui interaksi sosial keagamaan pondok pesantren Darussalam dengan masyarakat Kristen di Tambak Madu Surabaya, ketiga, Untuk mengetahui faktor apa saja yang telah mendukung dan menghambat interaksi antara pondok pesantren Darussalam dan masyarakat Kristen di Tambak Madu Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologis, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Dari penelitian ini penulis menemukan temuan bahwa menurut masyarakat Tambak Madu interaksi sosial antarumat beragama merupakan salah satu cara terpenting dalam menjaga suatu hubungan. Berdasarkan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa interaksi sosial kemasyarakatan yang terjadi di Tambak Madu Surabaya berjalan dengan baik, sedangkan interaksi sosial keagamaan di Tambak Madu Surabaya diantaranya hanya sebatas saling menghormati bila masing-masing pihak melakukan kegiatan keagamaan, dan faktor yang mendukung interaksi sosial masyarakat non muslim di Tambak Madu Surabaya adalah melalui kegiatan-kegiatan sosial yang diadakan oleh Desa, seperti kerjabakti bersama, jual beli dll. Dan tidak ada faktor yang menghambat kecuali interaksi antara masyarakat sekitar dengan Pondok Pesantren Darussalam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Mar’atuskhusma16.mas@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Interaksi Sosial; Pondok Pesantren Darussalam; Masyarakat Kristen
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Sholihah Mar'atus
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:24
Last Modified: 10 Aug 2018 06:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26897

Actions (login required)

View Item View Item