Studi resapan air hujan melalui Lubang Resapan Biopori (LRB) sebagai upaya mereduksi beban drainase di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Martha, Luluk (2018) Studi resapan air hujan melalui Lubang Resapan Biopori (LRB) sebagai upaya mereduksi beban drainase di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Martha_H05214003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya ruang terbuka hijau dapat mengakibatkan genangan bahkan bencana banjir jika terjadi intensitas hujan tinggi yang turun di perkotaan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) merupakan salah satu fasilitas pendidikan di Kota Surabaya, tepatnya terletak di wilayah rawan banjir Jemur Wonosari, Wonocolo. Salah satu teknologi yang digunakan untuk mengatasi genangan hingga banjir serta untuk menambah cadangan air tanah adalah lubang resapan biopori (LRB). UINSA dapat menyumbang teknologi LRB untuk meresapkan air hujan sehingga dapat mengurangi limpasan air hujan yang terbuang ke selokan hingga sistem drainase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan LRB yang dapat diterapkan di UINSA dan besar prosentase LRB dalam mereduksi beban drainase dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh jumlah LRB yang dapat diterapkan di UINSA adalah 741 buah pada lahan ruang terbuka seluas 1481,84 m2 dengan reduksi beban drainase di sebesar 42, 83%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Martha, Luluklulukmarthaaa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Teknologi
Teknik Lingkungan
Pertamanan
Keywords: Resapan Air Hujan; Infiltrasi; Lubang Resapan Biopori (LRB); Reduksi Beban Drainase
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Martha Luluk
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:45
Last Modified: 09 Aug 2018 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26899

Actions (login required)

View Item View Item