Studi tentang ritual pernikahan masyarakat Hindu di Pura Jala Siddhi Amertha Juanda Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohilah, Rohilah (2018) Studi tentang ritual pernikahan masyarakat Hindu di Pura Jala Siddhi Amertha Juanda Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohilah_E02214012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan merancang proposal, penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi tempat yang akan di teliti, wawancara kepada pengurus Pura juga Jero Mangku (seseorang yang biasa memimpin upacara pernikahan), dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi agama. Pernikahan dalam agama Hindu biasa di kenal dengan wiwaha samskara, yang mempunyai kedudukan khusus dalam kehidupan umat Hindu karena pernikahan merupakan peristiwa yang bersifat sakral dan wajib hukumnya. Selain bertujuan untuk membangun rumah tangga yang sukinah (sejahtera), pernikahan dalam agama Hindu dianggap sebagai suatu pembayaran hutang atau memberi kesempatan kepada leluhur untuk melebur dosa-dosanya kembali ke dunia dengan cara melahirkan keturunan yang berkualitas (Suputra). Dalam setiap ritual pernikahan dalam ajaran Hindu mengacu pada kitab suci Weda tak terkecuali di Pura Jala Siddhi Amertha yang mayoritas pengurusnya berasal dari Bali. Untuk mengadakan suatu penelitian dengan latar belakang masalah tersebut dapat dirumuskan beberapa masalah antara lain: 1) bagaimana deskripsi upacara pernikahan masyarakat Hindu di Pura Jala Siddhi Amertha, 2) bagaimana nilai-nilai teologis yang terkandung dalam setiap ritual pernikahan Hindu di Pura Jala Siddhi Amertha Juanda Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ketika Purusha (pria) dan Pradana (wanita) ingin melangsungkan suatu ikatan lahir dan batin (pernikahan), mereka harus memahami bahwa pernikahan merupakan gerbang menuju Grhasta Asrama (masa rumah tangga) fase kedua dari kehidupan manusia, serta memahami tujuan, makna dan nilai-nilai teologis yang terkandung dalam ritual pernikahan sebagai peristiwa yang bersifat sakral.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohilah, Rohilahrohilah2401@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Agama > Hindu
Nikah
Keywords: Pernikahan; ritual; nilai-nilai teologis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Rohilah Rohilah
Date Deposited: 20 Aug 2018 02:12
Last Modified: 20 Aug 2018 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26919

Actions (login required)

View Item View Item