Studi tentang ideologi keagamaan di Pondok Pesantren Darul Atsar al-Islamy Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husniyah, Nurul Maulidah (2018) Studi tentang ideologi keagamaan di Pondok Pesantren Darul Atsar al-Islamy Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Maulidah H E92214044a.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Studi Tentang Ideologi Keagamaan di Pondok Pesantren Darul Atsar al-Islamy Gresik”. Dilatarbelakangi oleh berbagai kasus Pesantren-pesantren yang ada di Indonesia dengan berbagai macam ideologi keagamaan mulai dari pemahaman yang inklusif yang mampu memberikan warna bagi perubahan sosial dan menggambarkan masyarakat yang damai, hingga pemahaman yang eksklusif dan tertutup yang menyebabkan Pesantren seringkali dihubungkan oleh beberapa kalangan dengan gerakan Islam radikal dalam pemikiran maupun aksi yang ditakutkan akan banyak menimbulkan embrio-embrio lahirnya terorisme. Berangkat dari permasalahan tersebut maka fokus penelitian bertujuan untuk mengetahui genealogi keislaman yang ada di Pesantren Darul Atsar al-Islamy, apa pandangan Pesantren tentang jihad, dan apa cita-cita Pesantren tentang Indonesia di masa depan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan maksud mengamati dan memahami langsung objek yang diteliti misalnya perilaku persepsi, kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan di Pesantren, dan tentunya dengan melakukan wawancara dengan pihak yang terlibat. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa Pesantren Darul Atsar adalah paham keagamaan Islam yang beraliran salafi yaitu dakwahnya kembali kepada sumber ajaran yang dianggap benar yaitu al-Qur’an dan al-Hadis sesuai pemahaman Salafush Sholih. Mereka memandang jihad sebagai berjuang di jalan Allah dan mengharap ridho Allah yang sesuai dengan Islam, misalnya dengan menuntut ilmu, dakwah, dll, dengan cara damai tanpa ada unsur kekerasan. Mereka juga tunduk dengan pemerintah dan mengakui bentuk pemerintahan yang ada di Indonesia dengan peraturan-peraturan yang diberlakukan meskipun dalam hati mereka menginginkan Indonesia menjadi Negara Islam, terlepas dari itu mereka lebih menginginkan kaum muslimin di Indonesia memiliki aqidah yang benar, dan jauh dari kebid’ahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husniyah, Nurul Maulidahnurulmaulidahh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ideologi Islam
Keywords: Ideologi keagamaan : Pondok Pesantren Darul
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Husniyah Nurul Maulidah
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:48
Last Modified: 09 Aug 2018 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26941

Actions (login required)

View Item View Item