Sejarah perkembangan yayasan pondok pesantren Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo (1998-2017)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shiddiq, Moh. Syahril (2018) Sejarah perkembangan yayasan pondok pesantren Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo (1998-2017). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Syahril Shiddiq_A02214013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Fadllillah 1998-2017 M”. Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana sejarah berdirinya Yayasan Pondok Pesantren Fadllillah? (2). Bagaimana perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Fadllillah 1998-2017? (3). Apa faktor pendukung dan penghambat Yayasan Pondok Pesantren Fadllillah?. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografii (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis prespektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis yang berdimensi waktu) dan pendekatan sosiologi sebagai ilmu bantu penelitian sejarah (mendeskripsikan intraksi-intraksi sosial dalam sebuah lembaga sosial). Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori Continuity and Change (kesinambungan dan perubahan) dan ilmu sosiologi yaitu Social Institution (lembaga kemasyarakatan). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Yayasan Pondok Pondok Pesantren Fadllillah di gagas pada tahun 1985 oleh KH. Abdul Ghoni, KH. Abdul Karim, KH. Mansyur dan KH. Abdul Hadi berawal dari taman pendidikan Al-Qur’an. (2) Sistem pembelajaran yang awal mulanya hanya pendidikan Al-Qur’an dan perkembang seiring berjalannya waktu yayasan mendirikan pendidikan Tarbiyatul Mu’allilmin Al-Islamiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Fadllillah terbagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Untuk perkembangan internal Yayasan Pondok Pesantren Fadllillah mempunyai pemimpin yang kuat dan ber visi dan utnuek faktor eksternal mendapat dukungan dari masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shiddiq, Moh. Syahril,;shiddiqsyahie22@gmal.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah : perkembangan pondok pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Shiddiq Moh. Syahril
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:48
Last Modified: 09 Aug 2018 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26946

Actions (login required)

View Item View Item