Deteksi konten hoax berbahasa indonesia pada media sosial menggunakan metode levenshtein distance

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Weddiningrum, Frista Gifti (2018) Deteksi konten hoax berbahasa indonesia pada media sosial menggunakan metode levenshtein distance. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Frista Gifti Weddiningrum_H76214015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media sosial merupakan wadah yang sangat mendukung untuk mempererat komunikasi antara sesama manusia.namun tidak seluruh informasi yang disebarkan melalui media sosial berupa fakta. Telah terjadi berbagai macam kasus penyebaran berita yang bukan merupakan fakta atau sering disebut hoax.Untuk pengembangan teknologi penangkal hoax ini pun terdapat beberapa yang bermunculan, namun sejauh ini teknologi penangkal hoax yang diterapkan dalam sistem pendeteksi hoax masih jarang ditemukan.Dalam penelitian ini digunakan perhitungan Tf-Idf untuk mengukur bobot suatu kata dalam dokumen hoax dan metodeLevenshtein Distance (LD) untuk mengukur jarak antar kata dalam dokumen. Penerapan Metode Levenshtein Distance dalam Sistem Deteksi Hoaxmemiliki beberapa tahap yang dimulai dengan tahap pra-pemrosesan kata, dilanjutkan dengan tahap perhitungan Tf-Idf dankemudian tahap perhitungan jarak minimum antar kata menggunakan metode Levenshtein Distance. Hasil batas 0,0014 pada skenario 2 yang memiliki data latih sebanyak 100 berita terindikasi hoax dan 40 berita sebagai data uji. Pada batas 0,0014 tersebut memiliki nilai Precision, Recall dan Accuracy yang konsisten.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Weddiningrum, Frista Giftisk16tita@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Media Massa
Teknologi > Teknologi Informasi
Informasi
Keywords: Deteksi konten hoax : media sosial
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Weddiningrum Frista Gifti
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:40
Last Modified: 09 Aug 2018 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26958

Actions (login required)

View Item View Item