Pesan dakwah tasawuf Kyai Abdul Mu'in pada Komunitas Tarekat Tijani Bring Koneng Kecamatan Banyu Ates Sampang Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farid, Muhammad Miftah (2018) Pesan dakwah tasawuf Kyai Abdul Mu'in pada Komunitas Tarekat Tijani Bring Koneng Kecamatan Banyu Ates Sampang Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Miftah Farid_B71211068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang di angkat dalam penelitian ini adalah bagai mana pesan dakwah tasawuf Kyai Mu’in pada Komunitas Thoriqoh Tijani Masyarakat Bring Koneng Kecamatan Banyu Ates. Penelitian tersebut bertujuan yakni menggali pesan dakwah tasawuf Kyai Mu’in pada Komunitas Thoriqoh Tijani masyarakat Bring Koneng Kecamatan Watu Ates Sampang Madura, pesan dakwah Kyai Mu’in , dan mengetahui sejarah masuknya thoriqoh Tijani di Bring Koneng. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotik model Charles Pierce, yaitu dengan melakukan penelitian yang menghasilkan data sekunder berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat di amati. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian tentang pesan dakwah tasawuf Kyai Mu’in sebagai Kyai di Bring Koneng dapat di simpulkan yakni, ide dasar pesan dakwah Kyai Mu’in pada Komunitas Bring Koneng adalah adanya saling embutuhkan antara Kyai Mu’in dan Komunitas Thoriqoh. Pesan yang digunakan Kyai Mu’in yakni pesan dakwah tasawuf berdakwah dengan cara menggnakan ilmu tasawuf, pesan dakwah dengan membimbing ikhwannya agar menjadi lebih baik dalam mendekatkan diri kepada Allah. Penelitian ini hanya mengkaji tentang pesan dakwah tasawuf Kyai Mu’in kepada komunitas thoriqoh Tijani di Bring Koneng, adapun kajian tentang efektifitas pesan dakwah ini dapat di kaji oleh penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farid, Muhammad Miftahmuhammadmiftahfarid388@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Tarekat; Tasawuf
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Farid Muhammad Miftah
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:38
Last Modified: 09 Aug 2018 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26965

Actions (login required)

View Item View Item