Ritual Selamatan Asta Juruan dalam pandangan akidah islam di Desa Juruan Daya Kecamatan Batuputih Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Mukammilatul (2018) Ritual Selamatan Asta Juruan dalam pandangan akidah islam di Desa Juruan Daya Kecamatan Batuputih Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukammilatul Amaliyah_E91214057.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Ritual Selamatan Asta Juruan yang dilaksanakan masyarakat Desa Juruan Daya dilihat dalam Pandangan Akidah Islam. Dilihat dari perilaku keagamaan masyarakat Desa Juruan Daya yang taat dalam melaksanakan perintah agama dan mempercayai bahwa hanya Allah yang wajib disembah dan mempedomani rukun-rukun Islam maupun rukun iman sebagai landasan ajaran Islam, akan tetapi mereka masih terpengaruh dengan adanya kepercayaan-kepercayaan yang mistis, yang merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang. Dalam melaksanakan ritual selamatan Asta Juruan ini sudah merupakan kepercayaan bagi warga masyarakat Desa Juruan Daya dengan adanya hal-hal yang mistis, yakni apabila tidak melaksanakan ritual tersebut akan menampakkan sesuatu yang tidak kita inginkan atau akan mendapatkan bala’. Oleh karna itu, sebagian masyarakat Desa Juruan Daya tetap melestarikan tradisi ritual ini dengan rasa khidmat. Selain untuk melestarikan tradisi yang sudah ada, pelaksanaan ritual selamatan Asta Juruan juga merupakan penghormatan kepada makam-makam wali Allah sehingga mereka melaksanakan ritual selamatan dengan pembacaan doa-doa, selawat nabi, tahlil dengan tujuan untuk meminta doa kepada Allah untuk diberi keselamatan dan terhindar dari segala mara bahaya dengan melewati perantara Asta Juruan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Peneliti turun langsung ke lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, mencari sumber data, kemudian melakukan analisis, dan menyusun laporan. Dengan tujuan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan keyakinan-keyakinan masyarakat Jawa, khususnya masyarakat Madura. Pelaksanaan ritual selamatan Asta Juruan bagi masyarakat Desa Juruan Daya merupakan sebuah warisan yang turun menurun sejak nenek moyang yang harus dilestarikan sampai pada saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Mukammilatulamaliamiela08@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Antropologi Budaya
Keywords: Ritual, Selamatan, Akidah Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Amaliyah Mukammilatul
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:20
Last Modified: 09 Aug 2018 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26975

Actions (login required)

View Item View Item