Pendampingan kelompok tani ternak sapi dalam peningkatan ekonomi di Desa Panyepen Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al farisi, Moh Salman (2018) Pendampingan kelompok tani ternak sapi dalam peningkatan ekonomi di Desa Panyepen Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Salman Alfarisi_B02213035.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada anggota Kelompok Tani Makmur, Desa Panyepen sebagai bentuk penguatan ekonomi melalui kemandirian ternak. Dengan membangun kesadaran terhadap hal-hal yang positif, pengetahuan lokal yang awal mulanya tidak dioptimalkan dengan baik kini mampu digunakan secara perlahan-lahan. Pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), yakni pendampingan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memobilisasi aset untuk meraih tujuan yang diinginkan. Asset Based Community Development (ABCD) memanfaatkan aset dan kekuatan yang dimiliki oleh seluruh manusia / masyarakat dalam melakukan perubahan sosial. Melalui kegiatan yang menciptakan kemandirian peternak sapi, maka dilakukanlah aksi menuju perubahan berupa pembuatan pakan alternatif, pembuatan jamu tradisional, dan kerja bakti pembersihan kandang sapi. Seluruh kegiatan tersebut merupakan sarana untuk menekan pengeluaran warga dengan cara memobilisasi keterampilan, kemampuan, dan aset yang peternak miliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al farisi, Moh Salmansalmanalfarizi050@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keywords: Peningkatan ekonomi : Kemandirian peternak : Pengoptimalan aset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Alfarisi Moh. Salman
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:07
Last Modified: 10 Aug 2018 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26977

Actions (login required)

View Item View Item