Studi tentang ritual pradaksina di Maha Vihara Mojopahit di Desa Bejijong Trowulan Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'mala, Hesti Nur (2018) Studi tentang ritual pradaksina di Maha Vihara Mojopahit di Desa Bejijong Trowulan Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hesti Nur 'Amala_E82214045.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Studi tentang Ritual Pradaksina di Maha Vihara Mojopahit desa Bejijong Trowulan Mojokerto” dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis mengenai ritual dalam agama Buddha. Ritual agama Buddha seringkali menyajikan keanekaragaman yang kurang diketahui masyarakat luas. Khususnya ritual Pradaksina yang biasa dilaksanakan pada hari raya Waisak. Ritual Pradaksina merupakan salah satu ritual yang sederhana dengan diwujudkan mengelilingi suatu obyek yang dianggap suci. Umat Buddha menanggapi ritual ini sebagai suatu penghormatan khusus kepada Triratna dan Pancasila Buddhis. Berangkat dari pengetahuan ini, penulis ingin mengetahui secara langsung ritual Pradaksina dengan metode Kualitatif. Dengan menggunakan metode Kualitatif, penulis juga menggunakan teori yang disampaikan oleh Evans Pitchard yang juga meneliti sebuah aktivitas keagamaan dalam suatu kepercayaan. Peneliti secara langsung mengamati serta mempelajari sejarah dari ritual Pradaksina, prosesi berjalannya ritual Pradaksina serta makna Pradaksina bagi para umat Buddha. Untuk membantu berjalannya penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi dilapangan, wawancara dengan para Bikkhu dan umat serta dokumentasi pada hari raya waisak. Berdasarkan hasil penelitian, ritual Pradaksina dimaknai sebagai bentuk penghormatan dan diyakini dapat memberikan beberapa manfaat secara spiritual bagi umat Buddha. Pada prosesi dan makna dalam melakukan Pradaksina, memuat berbagai macam simbol seperti dalam persembahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'mala, Hesti Nurhestinuramala@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Antropologi Budaya
Perbandingan Agama
Perbandingan Agama

Budaya
Keywords: Buddha; Pradaksina; Ritual
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: A'mala Hesti Nur
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:15
Last Modified: 14 Aug 2018 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26989

Actions (login required)

View Item View Item