Tradisi uposatha atthasila dalam agama Budha : studi kasus di Vihara Buddhayana Dharmawira Center Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Albastomi, Mohammad Hafid (2018) Tradisi uposatha atthasila dalam agama Budha : studi kasus di Vihara Buddhayana Dharmawira Center Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mohammad Hafid AlbastomiI_E92214040.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Tradisi Upostha Atthasila Dalam Agama Buddha (Studi Kasus di Vihara Buddhayana Dharmawira Center Surabaya)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga persoalan, yaitu: Pertama, bgaimana tradisi Uposatha atthasila di vihara Buddhayana Dharmawira Center Surabaya. Kedua, bagaimana dampak tradisi Upostha Atthasila bagi pengaut Buddha di vihara Buddhayana dharmawira Center Surabaya. Ketiga, bagaimana pandangan masyarakat tentang tradisi Upostha Atthasila. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian ini menggambarkan atau melukiskan suatu gambaran mengenai tradisi Uposatha Atthasila berdasarkan wawancara maupun observasi di vihara Buddhayana Dharmawira Center. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Metode ini menjadi langkah awal bagi penyusun untuk melihat, mengamati, dan menyelidiki fakta-fakta empiris yang terjadi, setelah penyusun melakukan wawancara dengan pemuka agama maupun umat Buddha yang terlibat langsung dalam tradisi Uposatha Atthsila tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tradisi Uposatha Atthasila di vihara Buddhayana Dharmawira Center Surabaya dilaksanakan seiap tanggal 15 penanggalan masehi. Prosesi ritualnya yakni menjalankan ppuasa setelah jam 12 siang yakni idak makan tapi boleh minum. Selain itu juga ada larangan untuk memakan daging ketika pukul 6 pagi sampai 12 siang. Ketika menjalankan tradisi Uposatha Atthasila seluruh umat Buddha harus menjalankan Atthasila atau delapan sila. Dampak dari tradisi ini ada tiga yakni spiritual, ekonomi dan juga kesehatan. Dalam memandang tradisi ini, masyarakat yang tinggal di sekitar vihara memandang dengan baik tradisi yang dijalankan umat Buddha di Vihara Buddhayana Dharmawira center Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Albastomi, Mohammad Hafidm.hafidalbastomi@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Budha, Uposatha, Attasila.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Albastomi Mohammad Hafid
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:38
Last Modified: 14 Aug 2018 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26996

Actions (login required)

View Item View Item