Nasionalisme dalam pemikiran Jalaluddin al-Suyuthi abad XV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafidhoh, Yeni (2018) Nasionalisme dalam pemikiran Jalaluddin al-Suyuthi abad XV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yeni Hafidhoh_A72214076.pdfb.pdf

Download (996kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Nasionalisme Dalam Pemikiran Jalaluddin al-Suyuthi Pada Abad XV. Adapun permasalahan yang dibahas meleputi: 1) Bagaimana biografi Jalaluddin al-Suyuthi? 2) Bagaimana pemikiran Jalaludddin al-Suyuthi tentang nasionalisme? 3) Bagaimana konsep nasionalisme Barat vs Timur?Skripsi ini disusun menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi(penafsiran sumber), dan historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Political Historis dan menggunakan teori kebudayaan (cultur), teori negara (staat), teori kemauan (will).Penelitian ini dilakukan dapat menyimpulkan bahwa: 1) Jalaludin al-Suyuthi termasuk salah seorang ulama besar yang hidup 849-911 H/ 1445-1505 M. Ia adalah seorang penulis produktif pada masa itu. Jalaluddin al-Suyuthi mengahabiskan umurnya untuk mengajar, memberikan fatwa dan mengarang. 2) Dilihat dari kondisi sosial politik dan latar belakang pemikiran pada masa Jalaluddin al-Suyuthi. Masyarakat saat itu sudah mempunyai jiwa kebangsaan yang tinggi mengenai kesadaran untuk membela dan mempertahankan Mesir dari serangan pihak luar. Namun, masyarakat saat itu belum mengenal nama nasionalisme, hanya saja perilaku yang dilakukan sudah mencerminkan dan menunjukkan ke-nasionalisme 3) Nasionalisme merupakan gejala modern, tetapi tidak ada kesepakatan mengenai dari mana muncul dan berkembangnya nasionalisme. Ada yang berpendapat muncul di Inggris pada abad ke-17 M. Dari beberapa pendapat ada kesepakatan bahwa nasionalisme berawal dari Eropa, kemudian menyebar ke berbagai kawasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafidhoh, Yenihafidzyeni@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Biografi
Ideologi Islam
Islam dan Humanisme
Negara Islam
Pemikiran
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Nasionalisme
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Nasionalisme : pemikiran Jalaluddin al-Suyuthi abad XV
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hafidhoh Yeni
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:31
Last Modified: 09 Aug 2018 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26999

Actions (login required)

View Item View Item