Sejarah dan perkembangan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) Jawa Timur tahun 1967-2018 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Wiwik (2018) Sejarah dan perkembangan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) Jawa Timur tahun 1967-2018 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wiwik Afifah_A72214051.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah dan Perkembangan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) Jawa Timur Tahun 1967-2018 M”. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meleputi: 1) Bagaimana sejarah berdirinya Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) Jawa Timur? 2) Bagaiman perkembangan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Jawa Timur? 3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat perkembangan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Jawa Timur?. Penulisan skripsi ini disusun menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah). Penelitian ini menggunakan pendekatan Historis dan menggunakan teori Contuinity And Change. Menurut Zamaksyari Dhofir teori Countuinity And Change yaitu kesinambungan di tengah-tengah perubahan. Dengan menggunakan teori ini diharapkan peneliti dapat menjelaskan berbagai perubahan-perubahan yang dialami oleh Yayasan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Jawa Timur dari mulai berdirinya sampai dengan sekarang. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia didirikan pada tanggal 26 Februari 1967 oleh M, Natsir dan beberapa mantan tokoh Masyumi, karena keinginan untuk merehabilitasi Masyumi yang tidak terwujud. Kemudian sejak didirikan di Jakarta didirikan pula cabang-cabangnya diberbagai wilayah di Indonesia termasuk di Jawa Timur. 2) DDII Jawa Timur mengalami perkembangan baik dari segi jumlah cabang kabupatan, kaderisasi maupun program dakwahnya. 3) faktor pendukung dari perkembanag DDII Jawa Timur yaitu banyaknya jaringan, banyaknya donatur, banyaknya program, banyaknya jaringan dengan pondok pesantren diberbagai wilayah di Jawa Timur, keikhlasan da’i dan SDM yang masih muda-muda. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kaderisasi, kurangnya promosi kegiatan, dan pengurusnya yang sibuk dengan organisasi lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Wiwikwiwikafifah60@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Afifah Wiwik
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:36
Last Modified: 09 Aug 2018 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27010

Actions (login required)

View Item View Item