Hubungan agama dan etos kerja bagi jemaat di Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat Cahaya Kasih Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jayanti, Afni Esda (2018) Hubungan agama dan etos kerja bagi jemaat di Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat Cahaya Kasih Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Afni Esda Jayanti_E02214001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Hubungan Agama dan Etos Kerja Bagi Jemaat di Gereja Protestan Indonesia bagian Barat Cahaya Kasih Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dua permasalahan yaitu: Pertama, bagaimana agama dan etos kerja bagi jemaat di Gereja Protestan Indonesia bagian Barat Cahaya Kasih Surabaya. Kedua, bagaimana hubungan agama dan etos kerja bagi jemaat di Gereja Protestan Indonesia bagian Barat Cahaya Kasih Surabaya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan tentang adanya hubungan erat antara agama dan etos kerja Jemaat Gereja Protestan Indonesia Cahaya Kasih Surabaya. Penelitian ini bersumber langsung dari tempat penelitian yang diperoleh melalui wawancara dengan tokoh agama dan jemaat di Gereja Protestan Indonesia Cahaya Kasih Surabaya. Penulis juga menggunakan penelitian melalui studi kepustakaan. Bekerja merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan sebagai manusia ciptaan Tuhan, dengan bekerja sama seperti sedang beribadah kepada Tuhan apabila dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan ajaran agama seperti didalam alkitab Kolose 3:23 dengan bekerja kita memenuhi kebutuhan hidup serta untuk memuliakan Tuhan. dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa agama memiliki hubungan yang erat dalam meningkatkan etos kerja seseorang. Agama sebagai motivasi, dorongan, dan etika yang memiliki nilai ibadah seperti mempasrahkan urusan duniawi kepada Tuhan, berdoa dan menaati perintah serta menjauhi larangan Tuhan. Agama menjadi pendukung dalam seseorang melakukan etos kerja yang baik. Etos kerja dimulai dengan cara berpikir seseorang yang digerakkan oleh sisi keagamaannya. Demikian agama merupakan salah satu faktor pendukung etos kerja yang tinggi, faktor pendukung lainnya dari sisi manusia yang memberikan semangat dalam memperoleh etos kerja yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jayanti, Afni Esdaafni.9a03@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Etos Kerja
Keywords: Hubungan; Agama; Etos Kerja
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Jayanti Afni Esda
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:16
Last Modified: 10 Aug 2018 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27013

Actions (login required)

View Item View Item