Studi hubungan struktur komunitas dan indeks ekologi Makrobenthos dengan kualitas perairan di rumah Mangrove Wonorejo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kinasih, Aulia Gusti (2018) Studi hubungan struktur komunitas dan indeks ekologi Makrobenthos dengan kualitas perairan di rumah Mangrove Wonorejo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Gusti Kinasih_H74214011.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan struktur komunitas dan indeks ekologi dengan kualitas perairan di Rumah Mangrove Wonorejo, Surabaya. Pengambilan sampel makrobenthos, sedimen dan parameter lingkungan dilakukan dengan menggunakan metode purposive random sampling. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu struktur komunitas yang dominan pada stasiun 1 dan 2 adalah Gastropoda dengan presentase masing-masing 98% dan 91%. Pada stasiun 3 struktur komunitas yang dominan adalah Bivalvia dengan presentase 92%. Ketiga stasiun memiliki nilai kelimpahan rata-rata pada kisaran 15-94 ind/m2. Sedangkan nilai indeks keanekaragaman pada ketiga stasiun yakni pada kisaran 1,081,31 yang termasuk dalam kategori cukup stabil sampai stabil. Nilai indeks keseragaman pada ketiga stasiun adalah sedang yakni kisaran 0,41-0,56. Nilai indeks dominansi pada ketiga stasiun adalah rendah sampai sedang yakni dengan kisaran 0,46-0,52. Hubungan struktur komunitas dan indeks ekologi makrobenthos dengan kualitas perairan yang ada di Rumah Mangrove Wonorejo, Surabaya dari hasil perhitungan Principal Component Analysis (PCA) menunjukkan bahwa makrobenthos kelas Gastropoda berkorelasi positif dengan suhu, salinitas, oksigen terlarut, dan bahan organik total karena nilai yang dihasilkan mendekati satu; makrobenthos kelas Bivalvia berkorelasi positif dengan nitrat dan fosfat dengan nilai masing-masing 0,79 dan 0,95; kelimpahan rata-rata makrobenthos berkorelasi positif dengan nitrat dengan nilai sebesar 0,91; indeks keanekaragaman dengan fosfat yang berkorelasi positif dengan nilai 0,97; korelasi antara indeks keseragaman dengan derajat keasaman (pH) menunjukkan nilai yang sempurna yakni 1; dan korelasi yang sama ditunjukkan antara indeks dominansi dengan pH yang bernilai 0,91.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kinasih, Aulia Gustiauliagustikinasih@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Makrobenthos; kualitas perairan; hubungan/korelasi; Rumah Mangrove Wonorejo
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Kinasih Aulia Gusti
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:25
Last Modified: 09 Aug 2018 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27039

Actions (login required)

View Item View Item