Peran ekstrakurikuler teater dalam membentuk karakter siswa di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozak, Muhammad Abdul (2018) Peran ekstrakurikuler teater dalam membentuk karakter siswa di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Abdul Rozak_D91213158.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dekadensi moral pemuda indonesia dan melemahnya karakter bangsa yang secara garis besar terdapat pada masalah sosial dan kebangsaan. Upaya untuk mewujudkan peradaban bangsa melalui pendidikan karakter, budaya dan moral, tentulah menjadi pekerjaan kita semua. Kegiatan ekstrakurikuler di lembaga pendidikan secara umum diharapkan dapat menggali dan menambah keterampilan siswa dalam upaya pembinaan pribadi dan pembentukan karakter, tidak terkecuali ektrakurikuler teater. Rumusan dalam penelitian ini masalah adalah tentang bagaimana konsep Ektrakurikuler Teater, bagaimana pembentukan karakter pada Ektrakurikuler, serta bagaimana Peran Ekstrakurikuler Teater dalam membentuk karakter siswa di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah: data collection, data reduction, data display, dan conclusion/verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan pada ektrakurikuler teater telah mencakup dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dengan 18 nilai pendidikan karakternya (2) Pembentukan karakter yang dilakukan pada ektrakurikuler teater dilakukan dengan dua kegiatan utama, yaitu melalui latihan rutin setiap hari sabtu dan pelaksanaan progam kerja lainya (3). Secara keseluruhan nilai-nilai karakter yang diajarkan hampir semua terpenuhi akaan tetapi pada point karakter disiplin dan peduli lingkungan belum dilaksanakan dengan efektif. Untuk peneliti selanjutkan dapat menambah wawasan dalam penelitian tentang pembentukan karakter dengan metode pendekatan yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozak, Muhammad Abdulmuhammadabdulrozak461@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Ekstrakurikuler
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Kegiatan ekstrakurikuler; teater; pembentukan karakter siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rozak Muhammad Abdul
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:41
Last Modified: 10 Aug 2018 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27048

Actions (login required)

View Item View Item