Pemaknaan Kata Wail Dalam Kitab Tafsir al-Iklil fi Ma'ani al-Tanzil Karya KH.Misbah Bin Zainil Musthofa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asadillah, M. Baihaqi (2018) Pemaknaan Kata Wail Dalam Kitab Tafsir al-Iklil fi Ma'ani al-Tanzil Karya KH.Misbah Bin Zainil Musthofa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Baihaqi Asadillah_E03213044.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana corak penafsiran KH. Misbah Musthofa dalam menafsirkan kata wail dalam kitab tafsir al-Iklil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami corak yang digunakan oleh KH. Misbah Musthofa dalam menafsirkan kata wail dalam Tafsir al-Iklil. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library recearch). Metode yang digunakan adalah metode yang bersifat deskriptif-analitis. Didalamnya dideskripsikan bagaimana corak penafsiran Kyai Misbah dalam menafsirkan kata wail dalam tafsir al-Iklil. Dari data tersebut kemudian dianalisis melalui pendekatan sejarah (history approach). Pendekatan sejarah dipilih karena kesejarahan Kyai Misbah yang meliputi latar belakang kehidupan, intelektualitas, dan lingkungan yang mengelilinginya akan sangat berpengaruh terhadap penafsirannya. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan, kata wail dalam penafsiran Kyai Misbah adalah a) kata wail diartikan dengan celaka yang ditujukan kepada orang-orang yang menggurangi timbangan. b) kata wail diartikan dengan jurang wail yang ditujukan kepada orang-orang yang suka menggunjing orang-orang saleh. c) makna wail diartikan dengan kerusakan agama yang ditujukan kepada orang-orang yang melalaikan shalat. Adapun corak yang digunakan Kyai Misbah dalam penafsirannya adalah corak sufi yakni yang mengandung masalah tasawuf. dan corak al-adabi al-ijtima’i yakni corak penafsiran yang menjelaskan tentang petunjuk-petunjuk al-Qur’an yang berkaitan langsung dengan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asadillah, M. Baihaqimuhammadbaihaqi644@gamil.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Pemaknaan kata wail; Tafsir al Iklil
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Asadillah M. Baihaqi
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:31
Last Modified: 10 Aug 2018 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27055

Actions (login required)

View Item View Item