Penumpasan Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi terhadap Gerakan Pemberontakan Abdullah bin Zubair (692 M/ 73 H)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniati, Kurniati (2018) Penumpasan Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi terhadap Gerakan Pemberontakan Abdullah bin Zubair (692 M/ 73 H). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kurniati_A72214037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penumpasan Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi terhadap Gerakan Pemberontakan Abdullah bin Zubair” adapun fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini ialah: (1) Bagaimana biografi Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi? (2) Bagaimana gerakan pemberontakan Abdullah bin Zubair? (3) Bagaimana strategi dan faktor kemenangan Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi dalam menumpas pemberontakan Abdullah bin Zubair? Pendekatan yang digunakan untuk penulisan karya ilmiah ini ialah pendekatan politik sedangkan penyusunannya dengan menggunakan metode penelitian sejarah; yaitu proses menguji dan menganalisis kesaksian sejarah guna menemukan data yang otentik dan dapat dipercaya untuk merekonstruksi kejadian masa lampau. Data penelitian diperoleh melalui penelusuran dokumen terkait, baik yang ditulis oleh sejarawan sezaman ataupun data yang ditulis oleh sejarawan modern. Data tersebut dipilih sesuai dengan tema yang diambil dan dianalisis untuk diperoleh data yang sesuai kemudian baru ditulis. Sedangkan teori yang digunakan ialah teori Peranan menurut Prof. Dr. Soerjono Soekanto.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa; (1) Salah satu panglima perang muslimin yang tegas dan keras dalam sejarah Islam adalah Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi. Ia adalah panglima perang dan gubernur yang diandalkan pada masa pemerintahan khalifah Abdul Malik bin Marwan dalam Dinasti Umayyah. Al-Hajjaj adalah sosok yang berjasa dalam mengembalikan stabilitas wilayah Dinasti Umayyah yang banyak diserang pemberontak. (2) Salah satu pemberontakan yang diredam olehnya adalah pemberontakan Abdullah bin Zubair yang mendeklarasikan diri sebagai khalifah pada masa Yazid bin Mu’awiyah berkuasa. Ia juga telah merebut banyak wilayah Dinasti Umayyah hingga hanya tersisa distrik Yordania saja. (3) Al-Hajjaj kemudian diutus oleh khalifah Abdul Malik untuk menggempur pusat kekuasaan Abdullah bin Zubair di Hijaz. Ia menggunakan manjanik untuk menyerang pertahanan Abdullah bin Zubair di Mekkah hingga kemudian Abdullah bin Zubair terbunuh dan gerakan pemberontakannya dapat ditumpas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniati, Kurniatiniaaddin50@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Daulah Islam
Daulah Islam > Daulah Umayah
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi; Gerakan Pemberontakan Abdullah bin Zubair
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Kurniati Kurniati
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:53
Last Modified: 10 Aug 2018 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27069

Actions (login required)

View Item View Item