Diksi pesan dakwah kiai syafi’ul anam dalam acara silaturahim tanggal 17 juni 2018 di desa Penidon-plumpang Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niamullah, Mohammad (2018) Diksi pesan dakwah kiai syafi’ul anam dalam acara silaturahim tanggal 17 juni 2018 di desa Penidon-plumpang Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mohammad Niamullah_B71214050.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pemilihan kata (diksi) sebagai sasarannya yaitu pesan dakwah Kyai Syafi’ul Anam. Dalam menyampaikan pesan dakwah, pemilihan kata sangat diperlukan. Apabila kata yang dipilih tidak tepat, maka tidak akan efektif dan efisien penyampaian tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini 1) Bagaimana Diksi Kyai Syafi’ul Anam Dalam Acara Silaturrahim Tanggal 17 Juni 2018 ?.Untuk mengidentifikasi dan menjawab persoalan secara mendalam dan menyeluruh peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dekskriptif dengan jenis penelitian content analisis dalam menganalisis diksi Kyai Syafi’ul Anam. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Deskriptif Miles dan Huberman.Kesimpulan atau hasil penelitian yaitu: 1) diksi dalam ceramah Kyai Syafi’ul Anam lebih sering menggunakan diksi umum dan khusus. Selanjutnya, ia juga menyampaikan diksi denotatif dan konotatif. Artinya apa, bahwa diksi denotatif dan konotatif dijelaskan lebih gamblang (jelas) lagi dengan tujuan melengkapi penjelasan diksi umum dan khusus. Sementara itu, diksi abstrak dan konkret sebagai pelengkap dari sajian ceramah Kyai Syafi’ul Anam. 2) Kyai Syaf’ul Anam menggunakan kata abstrak konkret ketika tema yang disampaikan akan dihubungkan ke permasalahan masyarakat, sementara kata denotasi dan konotasi ketika memenyampaikan pengertian suatu bahasan atau nasihat. Penggunaan kata khusus dan umum sebagai penjabaran dan melengkapi kata abstrak-konkrit dan denotasi-konotasi. 3). Kyai Syafi’ul Anam mengolahnya menjadi kata-kata yang menarik. Sehingga mampu menarik perhatian dan mengambil simpati masyarakat. Penelitian ini memfokuskan pada diksi pesan dakwah kyai syafi’ul anam dalam acara silaturrahim tanggal 17 juni 2018. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan bisa meneliti pada aspek-aspek lain yang berkaitan dengan ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niamullah, Mohammadsunaricrew@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Niamulloh Mohammad
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:22
Last Modified: 10 Aug 2018 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27073

Actions (login required)

View Item View Item