Implementasi Pancasila pada jemaah Masjid Baitul Haq perspektif Hans Georg Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Samudra, Rahmat Agung (2018) Implementasi Pancasila pada jemaah Masjid Baitul Haq perspektif Hans Georg Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rahmat Agung Samudra_E81214062.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi ini persoalan yang akan di kaji adalah penerapan nila dalam sila-sila Pancasila dengan perspektif Hans Georg Gadamer, dalam era globalisasi Pancasila ditempatkan pada berguna dan tidak berguna. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti Pancasila apakah nilai sila-sila dari Pancasila masih bisa atau masih ada dalam perilaku masyarakat Indonesia. Namun fokus penelitian kali ini adalah pada Jemaah Masjid Baitul Haq. Penafsiran dan interpretasi adalah cara untuk menemukan makna dalam teks, dengan kata lain peneliti menggunakan interpretasi atau hermeneutika dalam teori Hans Georg Gadamer. Karena pada hermeneutik Gadamer, Gadamer ingin mengumpulkan subjektivitas-subjektivitas dan dijadikannya objektivitas. Dengan cara pra-pemahaman, sejarah pengaruh dan fusi horizon atau peleburan cakrawala penafsir dan penulis. Temuan penelitian kali ini adalah: (1) mengetahui bagaimana penerapan Pancasila pada masa ke masa. (2) bagaimana penerapan Pancasila pada Jemaah Masjid Baitul Haq dalam perspektif Hans Georg Gadamer. (3) Bagaimana makna sila-sila dari Pancasila dalam konteks Jemaah Masjid Baitul Haq. Hasil dari analisis data dari penelitian ini akan menghasilkan dua hal: (1) mengetahui bagaimana Pancasila diterapkan dari masa ke masa dan mengetahui pengaruh apa ketika Pancasila diterapkan dalam konteks keseharian. (2) menghasilkan fusi horizon ilmu baru yang bersifat objektivitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Samudra, Rahmat Agungrahmatagungsamudra12345@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Pancasila, Jemaah, Hans Georg Gadamer.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Samudra Rahmat Agung
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:54
Last Modified: 18 Mar 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27083

Actions (login required)

View Item View Item