Ibrah kisah Nabi Daud dalam Alquran (Telaah penafsiran Syaikh Nawawi Al-Bantani atas Quran Surat Shad Ayat 21-25 menurut Tafsir Marah Labid)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Aidin (2018) Ibrah kisah Nabi Daud dalam Alquran (Telaah penafsiran Syaikh Nawawi Al-Bantani atas Quran Surat Shad Ayat 21-25 menurut Tafsir Marah Labid). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aidin Maghfiroh_E93214084.pdf

Download (4MB)

Abstract

Aidin Maghfiroh, Ibrah Kisah Nabi Daud Dalam Alquran (Telaah Penafsiran Syaikh Nawawi Al-Bantani Atas Quran Surat Shad Ayat 21-25 Menurut Tafsir Marah Labid)Kisah dalam Alquran adalah bagian yang sangat penting, karena sebagian besar dari Alquran menceritakan sebuah kisah di masa lampau yang mengandung pesan moral, serta dapat dijadikan pelajaran dan pedoman bagi kehidupan manusia, antara kebaikan yang menjadi teladan bagi pembacanya ataupun keburukan yang hendaknya menjadi peringatan bagi manusia. Ibrah merupakan pelajaran yang dapat diambil dari kisah yang mengandung pesan moral dan sejarah. Lebih dari itu dalam penelitian ini penulis mengambil kisah Nabi Daud dalam Alquran. Dimana telah dikisahkan bahwa Nabi Daud yang didatangi oleh dua orang yang sedang berperkara dan meminta keadilan kepadanya. Dan ternya perkara kedua orang tersebut sama hal nya dengan kejadian yang dialami Nabi Daud. Yaitu Nabi Daud yang memiliki 99 istri dan ingin menikahi seorang istri dari panglima perang yang bernama uria, kemudian Allah memperingatkan dengan perkara kedua orang tadi yang memiliki 99 ekor domba, dan menginginkan satu domba milik kawannya. Ternyata riwayat tersebut adalah riwayat israiliyyat yang dijelaskan Syaikh Nawawi dalam tafsir Marah Labid karya ulama Nusantara yang produktif sehingga menghasilkan banyak karya. Syaikh Nawawi al-Bantani tidak hanya belajar kepada orang pribumi, namun juga ulama di Negeri Hijaz hingga Syaikh Nawawi dijuluki Sayyid ulama Hijaz. Dalam menafsirkan kitab Marah Labid Syaikh Nawawi menggunakan dua manhaj, yaitu tahlili (analisis) dan ijmali (global).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Aidinaidinmaghfiroh123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Ibrah : Nabi Daud : Syaikh Nawawi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Maghfiroh Aidin
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:18
Last Modified: 10 Aug 2018 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27084

Actions (login required)

View Item View Item