Pengaruh Expressive Writing Therapy terhadap kecenderungan depresi pada mahasiswa tahun pertama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'idah, Farra Lailatus (2018) Pengaruh Expressive Writing Therapy terhadap kecenderungan depresi pada mahasiswa tahun pertama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Farra Lailatus Sa'idah_B97212126.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27088

Abstract

Expressive writing therapy merupakan terapi yang menggunakan aktivitas menulis sebagai sarana untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan pada suatu peristiwa yang tidak menyenangkan atau bersifat traumatic. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh expressive writing therapy terhadap kecenderungan depresi pada mahasiswa tahun pertama. Subjek penelitian berjumlah 19 orang, merupakan mahasiswa dengan tingkat kecenderungan depresi ringan hingga berat. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan secara berkelompok, namun juga terdapat pendekatan secara individual. Expressive writing therapy merupakan terapi utama untuk mengembangkan insight yang lebih secara mengenal tentang diri dan situasi yang sedang dihadapi. Penelitian ini menggunakan the one-group pretest-posttest design. Kelompok eksperimen melakukan expressive writing therapy selama 5 sesi dengan durasi 15-35 menit pada setiap sesinya. Hasil analisis kuantitatif dengan bantuan SPSS 16.0 menggunakan correlated data t-test / paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kecenderungan depresi menurun sebanyak 9.0 dari 14.315 menjadi 5.315 dengan signifikasi 0.000. Berdasarkan hasil analisis tersebut terdapat adanya pengaruh expressive writing therapy terhadap kecenderungan depresi pada mahasiswa tahun pertama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'idah, Farra Lailatusfarra.laila1412@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Belajar
Psikoterapi
Keywords: Expressive writing therapy; kecenderungan depresi; mahasiswa tahun pertama
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2018 09:18
Last Modified: 09 Aug 2018 09:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27088

Actions (login required)

View Item View Item