Penerapan nilai–nilai pendidikan Islam pada anak jalanan dan marjinal di Komunitas Sahabat Anak Merdeka Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imron, Syukron Ali (2018) Penerapan nilai–nilai pendidikan Islam pada anak jalanan dan marjinal di Komunitas Sahabat Anak Merdeka Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sukron Ali Imron _D71213137.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah yang hendak di kdaji ada tiga permasalahan, yaitu : (1) bagaiamana kondisi perilaku anak jalanan di komuitas pemerhati anak jalanan dan marjinal (Sahabat anak merdeka) Surabaya (2) bagaimana faktor penyebab perilaku anak jalanan dan marjinal (sahabat anak merdeka) Surabaya (3) bagaimana penerapan nilai – nilai pendidikan Islam dalam komunitas pemerhati anak jalanan dan marjinal. Berdasarakan permasalaha tersebut, maka peneliti ini bertujuan untuk mengetahui : (1) keadaan perilaku anak jalanan dan marjinal (2) faktor penyebab perilaku anak jalanan dan marjinal (3) penerapan nilai nilai pendidikan islam di komunitas sahabat anak merdeka Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekan fenomenologis kualitatif, karena penelitian fenomenologis berusaha memahami peristiwa peristiwa dan kegiatannya terhadap orang orang biasa dalam situasi tertentu. Sedangkan teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan data yang di perlukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: kondisi perilaku anak jalanan yang dapat di klasifikasikan menjadi dua yaitu kenakalan biasa dan kenakalan luar biasa. Faktor faktor yang mempengaruhi yang menghambat dan mempengaruhi dalam dunia anak jalanan yaitu faktor keluarga, lingkungan dan pergaulan. Sedangkan penerapan nilai niklai pendidikan Islam yang di terapkan cukup bervariatif metodenya, namun belum continueity untuk kejenjang remaja dan dewasa. Lebih fokus terhadapa anak anak usia dini / Dasar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imron, Syukron Alisukronali1995@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Nilai–nilai pendidikan Islam; anak jalanan;Komunitas Sahabat Anak Merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imron Sukron Ali
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:41
Last Modified: 10 Aug 2018 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27098

Actions (login required)

View Item View Item